Sabtu, 17 November 2018 10:42 WIB
pmk

Nusantara

Mampu Manuver dengan Mulus, Puas Tak Terkira

Redaktur: Folber Siallagan

KEPUASAN BATIN-Gunarwan menunjukkan koleksi minatur mobilnya. DENI KURNIAWAN/RADAR MADIUN/JPG

INDOPOS.CO.ID - Hobi tak mengenal usia. Gunarwan, misalnya. Meski umurnya terbilang sudah tidak muda lagi, pria 35 tahun ini keranjingan mengoleksi remote control (RC) construction. Tak gampang baginya mendapatkan miniatur alat berat yang nyaris serupa aslinya itu.

DENI KURNIAWAN, Ngawi

DENGAN cekatan jemari tangan kanan Gunarwan menyapukan kuas ke miniatur loader di genggaman tangan kirinya. Sesaat setelah beberapa kali sapuan, dia mengamati loader dengan mendekat-jauhkan. Bagian yang dianggap kurang bersih -terutama lekuk-lekuk detail- disapunya ulang dengan kuas berukuran lebih kecil.

Setelah yakin bersih, diraihnya lagi miniatur loader yang lain tak jauh dari tempatnya bersila di teras rumahnya itu. Sejurus kemudian, ganti miniatur ekskavator yang diambil dan dibersihkan. ''Mumpung ada waktu longgar,'' kata Gunarwan sembari terus menyapukan kuas yang dipegangnya.

Selain loader dan ekskavator, terdapat tiga unit miniatur truk yang juga berwarna kuning di dekat Gunarwan beraktivitas sore itu. Bentuk, detail, maupun fungsinya nyaris seperti aslinya.

Di sela membersihkan koleksinya tersebut, Gunarwan meluangkan waktu untuk mempraktikkan cara memainkan RC construction. Wajahnya semringah saat ujung pengeruk ekskavator yang dia kendalikan berhasil mengeruk pasir dan memindahkan ke tempat lain. Sesekali alat berat mini itu menampilkan manuver berputar beberapa kali. ''Sudah saya modif ini, kalau aslinya cuma bisa berputar dua kali,'' ungkapnya.

Ayah satu anak ini kepincut RC construction lantaran sang anak. Akhir 2017 lalu, dia bersama keluarga berkunjung ke salah satu pusat perbelanjaan di Kota Madiun. Kala itu anaknya merengek ingin memainkan miniatur alat berat yang dijual di sebuah gerai. Gunarwan yang sempat mencobanya turut kegirangan. ''Saat dimainkan seperti alat berat sungguhan. Mirip sekali,'' ujarnya.

Gunarwan lantas cari-cari informasi cara mendapatkan permainan yang tak semua toko mainan menyediakan tersebut. Memanfaatkan internet, dia akhirnya membeli satu unit miniatur ekskavator. Setelah itu, belasan paket RC construction datang satu per satu ke rumahnya di Dusun Satreyan, Desa Tepas, Geneng. ''Belinya online, buatan Tiongkok,'' sebut suami Dwi Nur Hartatik itu.

Kepuasan hati tersendiri dirasakan Gunarwan saat berhasil memainkan koleksinya dengan mulus. Mulai gerakan mengeruk ekskavator dan loader hingga mengangkut muatan dengan truk yang baknya bisa dikontrol naik-turun seperti aslinya. ''Sekarang sedang kumpul-kumpul duit untuk menyiapkan media bermainnya,'' ujarnya.

Bagi Gunarwan, kesenangan batin untuknya sendiri maupun sang anak menjadi sesuatu yang tidak bisa dinilai dengan uang. Senang hatinya dan semringah di raut wajah anak jauh lebih mahal dibanding dalamnya kocek yang mesti dirogoh saat membeli belasan koleksinya.

Miniatur berwarna kuning dengan beberapa pick asli berbahan besi tersebut, memberikan lebih dari sekadar harga. ''Anak senang, saya senang, mau bagaimana lagi,'' ucap pria yang kesehariannya sebagai satpam di salah satu pabrik di Ngawi ini.

Di luar kesenangan yang diperoleh, Gunarwan harus meluangkan waktu merawat koleksinya. Saat ada spare part yang rusak mesti diganti. Beruntung, suku cadang RC construction tak perlu diimpor. Melainkan bisa diperoleh di beberapa daerah Jawa Tengah. ''Dulu biasanya cari spare part di Solo atau Semarang,'' sebutnya.

Gunarwan pun membuat sebuah grup di Facebook untuk mewadahi para pencinta RC construction. Namun, anggota yang bergabung sejauh ini belum ada yang asli Ngawi. Bermodal referensi di grup yang dibuatnya, Gunarwan membuat sejumlah eksperimen. Salah satunya mengganti baterai bawaan dengan baterai laptop sebagai sumber listrik. ''Baterai bawaan cuma tahan kurang dari setengah jam. Kalau pakai baterai laptop bisa satu jam lebih,'' sebutnya. ***(c1/isd)


TOPIK BERITA TERKAIT: #remote-control-construction #gunarwan 

Berita Terkait

IKLAN