Internasional

Pemilu Sela AS, Demokrat Pimpin Kursi di DPR

Redaktur: Indra Bonaparte
Pemilu Sela AS, Demokrat Pimpin Kursi di DPR - Internasional

KETAT – Dua partai di Amerika Serikat saling bersaing ketat demi menguasai Dewan Perwakilan Rakyat di negara Paman Sam itu.Foto : Jim Lo Scalzo/PARSTODAY

INDOPOS.CO.ID - Partai Demokrat merebut kemenangan dalam Pemilihan Umum Sela Amerika Serikat (AS), yang rata-rata memenangkan House of Representatives atau DPR tetapi kalah di Senat. Namun Presiden AS Donald Trump yang diketahui dari Partai Republik mengklaim bahwa ini adalah pemilu yang sukses baginya.

Partai Demokrat sedang dalam proses memenangkan 27 kursi tambahan, mereka telah memperoleh 196 kursi, sementara Republik 182 kursi. Total kursi yang diperebutkan adalah 435 kursi. Sedangkan syarat sebuah partai untuk mendominasi DPR adalah dengan menduduki 218 kursi.

Trump menyatakan, ia sukses besar. Pemilu ini sukses luar biasa, dan ia mengatakan terima kasih kepada semuanya. Namun ia tetap berhati-hati di hari terakhir ini, menekankan bahwa ia telah berkampanye khusus untuk kandidat Partai Republik di Senat dalam pertemuannya 'Make America Great Again'.

Setelah dua tahun kepemimpinan Trump yang dirasa memecah belah Amerika, Demokrat berjanji akan menggunakan mayoritas baru mereka di majelis rendah, dari Januari 2019, untuk melawan.
Dengan mengambil kendali majelis rendah, Demokrat menawarkan diri mereka kemungkinan meluncurkan prosedur terhadap Presiden Amerika. Dilansir dari AFP, masih harus dilihat apakah anak muda yang baru terpilih akan memegang pangkat.

Pemimpin Demokrat di DPR AS, Nancy Pelosi berjanji untuk menyatukan AS. Ia telah memaparkan rencana Demokrat jika mereka kembali mendominasi DPR, yakni untuk mengurangi korupsi dan politik uang, memotong harga obat, memperketat kebijkan kepemilikan senjata, dan meloloskan perlindungan hukum bagi imigran muda yang dibawa ke AS secara ilegal sebagai anak-anak.
(iml/jpc/jpg)

Berita Terkait

Politik / Sangat Bergantung dari Ajakan Jokowi

Politik / Pengamat: Sayang Demokrat Bangun Eksistensi dengan Hoaks

Politik / Wasekjen Demokrat Bela Andi Arief


Baca Juga !.