Selasa, 13 November 2018 10:07 WIB
pmk

Headline

Zumi Zola Hadapi Sidang Tuntutan

Redaktur: Dani Tri Wahyudi

KURSI PESAKITAN-Gubernur Jambi Nonaktif Zumi Zola. Foto : Jaa Rizka Pradana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Gubernur Jambi Nonaktif Zumi Zola menjalani persidangan dalam kasus suap dan gratifikasi di lingkup Pemprov Jambi di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018).Agenda sidang kali ini adalah pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK.

"Sidang pidana khusus untuk terdakwa Zumi Zola dibuka," ujar Ketua Majelis Hakim Yanto.Dalam sidang-sidang sebelumnya, Zumi mengakui beberapa penerimaan seperti mobil jenis Alphard dan uang dari para kontraktor melalui Muhammad Imaduddin. Uang itu diakuinya untuk kebutuhan pribadi dan keluarganya.

"Kemarin saat pemeriksaan di penyidik, semua yang saya terima dan keluarga, saya akui semua," ujar Zumi saat ujar dia dalam sidang, Senin (29/10/2018). Kemudian majelis hakim membacakan sejumlah kebutuhan Zumi sebagaimana yang tercantum dalam BAP seperti uang Rp 750 juta untuk akomodasi pengurus PAN dalam rangka pelantikan Zumi sebagai Gubernur Jambi, uang Rp 340 juta untuk ambulans DPD PAN Jambi, uang Rp 6,4 miliar untuk uang ketuk palu APBD 2017, uang Rp 1,3 miliar untuk kampanye Masnah (Cabup Muaro Jambi), serta uang Rp 1 miliar untuk keperluan Gubernur Jambi.

Zumi pun membenarkan BAP yang dibacakan majelis hakim tersebut. "Saya sampaikan untuk pribadi dan keluarga saya sudah akui," ucap Zumi. Dalam perkara ini, Zumi didakwa menerima gratifikasi senilai Rp 40,477 miliar ditambah 177,3 ribu dolar AS (sekitar Rp 2,594 miliar) serta 100 ribu dolar Singapura (Rp1,067 miliar) plus satu unit mobil merek Toyota Alphard dan menyuap pimpinan serta anggota DPRD Jambi yang berjumlah 53 orang dengan total keselurahan suap Rp 17,49 miliar. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpk #zumi-zola 

Berita Terkait

IKLAN