Senin, 19 November 2018 02:46 WIB
pmk

Headline

Zumi Zola Dituntut Delapan Tahun Penjara dan Denda Rp 1 Miliar

Redaktur: Dani Tri Wahyudi

KURSI PESAKITAN-Gubernur Jambi Nonaktif Zumi Zola. Foto : Jaa Rizka Pradana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menuntut Gubernur Jambi Nonaktif Zumi Zola Zulkifli mendapat hukuman penjara selama 8 tahun dalam persidangan kasus suap dan gratifikasi yang menjeratnya di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018).

Selain itu, Zumi juga dituntut untuk membayar denda sebesar Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan dan pidana tambahan berupa pencabutan hak untuk memilih dan dipilih selama 5 tahun oleh jaksa KPK.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Zumi Zola berupa pidana penjara selama 8 tahun dan pidana denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurangan," cetus Jaksa Iskandar Marwanto dalam persidangan tuntutan, Kamis (8/11/2018).

Dalam pertimbangan jaksa, perbuatan suap dan gratifikasi yang dilakukan Zumi tidak mendukung pemerintah dan masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi. Lalu perbuatan mantan pesinetron itu dinilai jaksa telah menciderai masyarakat.

Menurut jaksa, Zumi terbukti telah menerima gratifikasi senilai Rp 37,4 miliar dan USD 183.300, SGD 100 ribu dan satu unit Toyota Alphard. Semua benda itu diperoleh dari rekanan atau kontraktor yang sering mendapatkan proyek dari Pemprov Jambi.

Lalu Zumi juga dianggap jaksa terbukti telah menyuap puluhan anggota DPRD Jambi untuk pengesahan RAPBD tahun 2017 dan tahun 2018. Uang suap tersebut disebut jaksa sekitar 17,5 miliar yang oleh beberapa saksi disebut dengan uang ketok palu.

"Kami menuntut supaya majelis hakim PN Jakpus yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan, menyatakan terdakwa Zumi Zola terbukti secara sah dan terbukti bersalah, bersama sama melakukan gabungan tindak pidana korupsi," papar Iskandar.

Zumi Zola dituntut jaksa melanggar Pasal 12 B dan Pasal 5 ayat (1) huruf a UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU 20/2001 tentang Perubahan Atas UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana juncto Pasal 65 ayat (1) KUHPidana. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpk #zumi-zola 

Berita Terkait

IKLAN