Headline

Timnas Indonesia Takluk 0-1 dari Singapura

Redaktur: Darul Fatah
Timnas Indonesia Takluk 0-1 dari Singapura - Headline

INDOPOS.CO.ID - Timnas Indonesia menelan pil pahit pada laga perdana di Grup B Piala AFF 2018. Bertanding di National Stadium, Kallang, Jumat (9/11/2018), Evan Dimas Dkk menyerah 0-1 dari Singapura. Gol dicetak oleh Hariss Harun pada menit ke-37.

Bermain di kandang lawan membuat Timnas Indonesia kesulitan mengembangkan permainan umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki. Pengawalan yang ketat dari para pemain Singapura juga membuat sayap-sayap Garuda tampak tak bisa banyak berkutik.

Sebaliknya, Singapura dapat mengembangkan permainan mereka yang mengandalkan bola-bola lambung langsung ke area kotak penalti Timnas Indonesia.

Penjaga Gawang Andritany sempat setidaknya dua kali menyelamatkan gawang Indonesia dari kebobolan. Namun Andritani Ardhiyasa tak berkutik pada menit ke-37.

Gelandang Singapura, Harris Harun berhasil memanfaatkan kelengahan lini belakang Timnas Indonesia yang tak mampu menyapu bersih bola hasil umpan lambung. Bola yang sempat diraih oleh Hansamu Yama jatuh ke kaki pemain bernomor punggung 14 tersebut.

Tanpa pengawalan, Harun lantas melepaskan tembakan keras yang tak dapat ditepis oleh Andritani.Timnas Indonesia tercatat hanya memiliki satu peluang emas, yaitu pada menit ke-17 ketika Stefano Lilipaly berhasil merangsek sisi kiri pertahanan Singapura.

Umpan pemain Bali United itu sempat mengenai kepala bek Singapura. Sayangnya bola hanya membentur  mistar gawang.

Secara statistik, Singapura sebenarnya kalah dalam hal penguasaan bola. Mereka hanya menguasai bola sebanyak 38 persen berbanding 62 persen milik Indonesia.

Hingga turun minum, Singapura melepaskan empat tembakan jitu dari enam usaha, sementara Indonesia melepaskan hanya satu tembakan, yang juga meleset dari sasaran.

Pada babak kedua, Indonesia mencoba bermain lebih agresif dengan memasukkan Riko Simanjuntak menggantikan Irfan Jaya. Namun, Singapura mampu bertahan dengan baik dan bahkan mampu menyelipkan sejumlah ancaman.

Selepas menit ke-70, Indonesia mampu menciptakan ruang dan melepaskan tembakan. Zulfiandi melepaskan tembakan yang meleset pada menit ke-70 dan kemudian diikuti usaha dari Rizki Pora pada menit ke-75. Tembakan Rizki Pora akurat, tetapi kandas di tangan kiper Hassan Sunny.

Namun setelahnya, Singapura memperbaiki koordinasi permainan dan melambatkan tempo yang membuat Indonesia kian sulit mengembangkan permainan.

Di tengah kesulitan itu, Indonesia mendapat masalah pada injury time. Bek Putu Gede Juni Antara diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar  Adam Swandi. Pertandingan sempat dilanjutkan. Namun, permainan berlangsung datar hingga peluit berbunyi panjang kedudukan tetap 0-1 untuk Singapura. (bam)

Berita Terkait

Indosport / Ini Alasan Kabau Sirah Pulangkan Nildo ke Brasil

Bola Dunia / Gunduli Venlo, Feyenoord Naik ke Tiga Besar

Bola Dunia / Lupakan Merangsek ke Tiga Besar, Arsenal!

Bola Dunia / Gol Rodriguez Bungkam Bilbao

Bola Dunia / Coutinho, Produk Vasco da Gama


Baca Juga !.