Kamis, 13 Desember 2018 06:13 WIB

Total Sport

Kemenpora: Sepeda Nusantara Sudah Menjadi Wadah Promosi Pembudayaan Berolahraga

Redaktur: Ali Rahman

Staf Ahli Kemenpora Dr. Samsudin (tengah) mewakili Menpora Imam Nahrawi, saat mengikuti Sepeda Nusantara 2018 etape Lampung Timur, Minggu (11/11/2018). Foto: Kemenpora RI untuk INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ribuan peserta Sepeda Nusantara 2018 etape Lampung Timur antusias mengikuti acara yang digelar pada Minggu (11/11/2018) dengan mengambil start di Islamic Centre Lampung Timur.

Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari tak segan turut ambil bagian dalam salahsatu program unggulan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tersebut. Wakil Bupati itu juga turut mendampingi sampai acara rampung.

Bersama dengan Staf Ahli Kemenpora Dr. Samsudin yang hadir mewakili Menpora Imam Nahrawi, Zaiful Bokhari mengibaskan bendera start, melepas ribuan peserta untuk bersepeda santai sambil menikmati alam Lampung Timur.

Rute etape Lampung Timur ini diklaim paling terpanjang dari seluruh gelaran Sepeda Nusantara yang digelar di 70 titik Kabupaten/Kota. Peserta menempuh jarak kurang lebih sepanjang 35,1 Kilometer, mulai start dari Islamic Center, Kecamatan Sukadana hingga finish di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kecamatan Labuhan Ratu.

Uniknya, di garis finis para peserta Sepeda Nusantara langsung bisa menikmati suguhan wisata andalan, yakni taman nasional yang menjadi tempat penangkaran Gajah. Dilokasi tersebut para peserta langsung disambut dengan atraksi gajah-gajah yang dilatih di taman Nasional ini.

Sesuai dengan tema "Bangun Indonesia", pelaksanaan Sepeda Nusantara 2018 sebagai salah satu program unggulan Kemenpora dibawah payung Ayo Olahraga, memang menyasar sejumlah target.

Selain tujuan olahraga, kegiatan ini secara tidak langsung juga menggerakkan serta mendongkrak perekonomian Lampung Timur melalui pariwisata yang ada di daerah tersebut.

"Masyarakat sangat antusias dan semangat mengikuti acara ini. Tentu ini sangat baik, tidak hanya untuk kesehatan masyarakat itu sendiri, tetapi secara tidak langsung juga meningkatkan ekonomi melalui pariwisata di daerah ini,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Merah Juansyah.

Staf Ahli Kemenpora Dr Samsudin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Lampung Timur atas antusias dan semangat untuk hidup sehat. “Ini sangat luar biasa, peserta sangat antusias mengikuti acara ini. Kami senang kini sepeda nusantara sudah menjadi wadah promosi pembudayaan berolahraga. Kemenpora akan terus mendorong masyarakat untuk berolahraga agar menjadi kebiasaan kehidupan kita,” ujar Samsudin.

“Sebab dengan budaya hidup sehat, hidup kita akan lebih berprestasi dan lebih berkarya, bermanfaat dan lebih lama hidup di dunia ini,” tambahnya.

Sementara Wakil Bupati Zaiful Bokhari menegaskan sangat mendukung penuh kegiatan Sepeda Nusantara hadir di Lampung Timur. Karena dengan kegiatan ini, semangat masyarakat Lampung Timur semakin terpacu untuk berolahraga.

Dia juga mengucapkan berterima kasih pada Kemenpora karena menghadirkan kegiatan tersebut di Lampung Timur. “Bagi seluruh pegowes, saya berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan tertib sampai finish. Panitia telah menyediakan berbagai hadiah termasuk 15 unit sepeda bagi para peserta,” ujarnya.

Sedangkan anggota DPR RI Ir. Dwita Ria Gunadi yang turut hadir dalam acara ini mengaku jika Komisi X memberikan dukungan penuh terhadap program ini sejak diluncurkan Kemenpora pada tahun lalu.

Dia juga berharap kegiatan ini tidak berhenti dan bisa dilanjutkan tahun depan. Bahkan, Dwita mendorong Kemenpora untuk mengadakan kegiatan tersebut tidak hanya di Lampung Timur tapi juga di kabupaten lain di Provinsi Lampung.

“Kegiatan ini sangat positif sekali, sebab bisa diikuti mulai anak-anak, remaja hingga lanjut usia. Ini menjadikan hobi (bersepeda) yang membawa manfaat. Kita juga mendukung program ini dilakukan tahun depan. Mudah-mudahan ke depannya jangan di Lampung Timur lagi tapi di kabupaten lain di provinsi Lampung,” tuturnya

Di sisi lain, Sepeda Nusantara pada pekan ini secara serempak digelar di tujuh titik. Selain di Lampung Timur, program dibawah Kedeputian Pembudayaan Olahraga itu juga berlangsung di Banyumas, Berau, Biereun, Kebumen, Lombok Barat dan Sragen.

"Saya senang peserta kegiatan Sepeda Nusantara di berbagai titik begitu banyak dan sangat antusias, seperti di Berau, Biereun, Kebumen, Lampung Timur, Lombok Barat, Purwokerto dan Sragen juga banyak diikuti masyarakat," ucap Menpora Imam Nahrawi yang dihari yang sama bersepeda di Kebumen.

"Itu artinya kesadaran masyarakat untuk selalu sehat dengan berolahraga sudah tumbuh kuat, sehingga tujuan dari program Sepeda Nusantara ini tercapai, sesuai Instruksi Presiden (Inpres) No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Alhamdulillah," pungkasnya. (dan)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #sepeda-nusantara-2018 #lampung-timur #zaiful-bokhari #kemenpora-ri #dr-samsudin 

Berita Terkait

IKLAN