Kamis, 13 Desember 2018 06:13 WIB

Total Sport

Kegiatan Sepeda Nusantara Adalah Cara Mudah dalam Membudayakan Hidup Sehat

Redaktur: Ali Rahman

Peserta Sepeda Nusantara 2018 yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Bupati Berau, Tanjung Redep, Minggu (11/11/2018). Foto: Kemenpora RI untuk INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Bupati Kabupaten Berau Kalimantan Timur, H. Muharram Spd, MM melepas peserta Sepeda Nusantara 2018 yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Bupati Berau, Tanjung Redep, Minggu (11/11/2018).

Bendera star diserahterimakan dari Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora) dr. Bayu Rahadian Spkj kepada Bupati Berau yang langsung melepas 1500 peserta bersepeda.

“Saya berharap penyelenggaraan ini dapat diselenggarakan secara kontinyu setiap tahun. Sepeda adalah olahraga yang paling aman untuk semua kalangan dan biaya tidak terlalu besar. Memasyarakatkan sepeda adalah solusi alternatif untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan,” jelas Muharram yang didamping Anggota Komis X DPR Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian serta Ketua DPRD Kabupaten Berau Hj. Syarifatul Sadiah dan jajaran pejabat di Kabupaten Berau lainnya, sebelum melepas peserta.

Pada kesempatan tersebut dr. Bayu Rahadian mewakili Menpora Imam Nahrawi sangat mengapreasiasi penyelenggaraan di Kabupaten Berau. Menurutnya, masyarakat sangat antusias, lantaran Sepeda Nusantara adalah cara mudah dalam membudayakan cara hidup sehat.

“Ini adalah titik ke-63 dari 70 titik  penyelenggaraan Sepeda Nusantara yang diprogramkan Kemenpora dengan motto Ayo Olahraga. Saya sangat berkesan karena di titik ke - 63 pejabat yang hadir sangat lengkap,” ujar dr. Bayu.

Anggota Komisi X Hetifah disaat yang sama mengatakan, kedepan mudah-mudahan sport tourism menjadi andalan Kabupaten Berau. ”Saya lihat masyarakat sangat bersemangat mengikuti kegiatan Sepeda Nusantara, diharapkan secara periodik Sepeda Nusantara dilakukan,” ujar Hetifah.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Berau, M. Dakrie mengatakan, kegiatan Sepeda Nusantara sangat berkesan untuk masyarakat di Berau. Diharapkan kegiatan ini tahun depan dapat berlangsung kembali di Berau. ”Kami siap untuk menggelar mandiri,” jelas M. Dakrie.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Penyelenggara Sepeda Nusantara dr. I Nyoman Winata, menyambut antusias keinginan Kadispora Berau. ”Sekarang ini sudah ada lima daerah yang mandiri menggelar kegiatan Sepeda Nusantara diantaranya Serang yang dihadiri Menteri Wiranto, Deli Serdang dihadiri Menkumham Yasonna Laoly, Bandung dihadiri Menhub Budi Karya Sumadi, Batam dan Solo dalam perencanaan,” papar pria yang akrab disapa dr. Nyoman itu.

Untuk tahun depan, lanjutnya, Sepeda Nusantara akan tetap berlangsung dengan menambah menjadi 150 titik (daerah penyelenggara). Lantaran antusiasme masyarakat terus bertambah akan olahraga ini.

Antusias masyarakat Berau mengikuti kegiataan Sepeda Nusantara ini memang sangat tinggi, hal itu diungkapkan salah satu klub sepeda di Berau yang menamakan diri GEBBER (Green Bikers Berau).

Mereka berharap kegiatan ini dapat berlangsung lagi tahun depan. Hadi anggota GEBBER mengatakan sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan ini. ‘Kami dapat berkumpul bersama kawan, walaupun beda kantor,” ungkap Hadi.

Sepeda Nusantara di Kabupaten Berau menempuh jarak kurang lebih 8 km itu finis di Kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kolam Renang Kakaban, Bupati Berau H. Muharram juga ikut menggenjot sepedanya diikuti Ketua DPRD Kabupaten Berau, Anggota Komisi X DPR-RI, Kadispora serta pejabat Kabupaten Berau lainnya.

Disisi lain, Sepeda Nusantara pada pekan ini secara serempak digelar di tujuh titik. Selain di Berau, program dibawah Kedeputian Pembudayaan Olahraga itu juga berlangsung di Banyumas, Biereun, Kebumen, Lampung Timur, Lombok Barat dan Sragen.

"Saya senang peserta kegiatan Sepeda Nusantara di berbagai titik begitu banyak dan antusias, bahkan tak hanya di daerah Kebumen ini, namun di Banyumas, Biereun, Berau, Lampung Timur, Lombok Barat dan Sragen juga banyak diikuti masyarakat," ucap Menteri asal Bangkalan, Madura yang turut mengikuti Sepeda Nusantara di Kebumen itu.

"Hal itu artinya kesadaran masyarakat untuk selalu sehat dengan berolahraga sudah tumbuh kuat, sehingga tujuan dari program Sepeda Nusantara ini tercapai, sesuai Instruksi Presiden (Inpres) No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Alhamdulillah," pungkasnya. (rmn)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #sepeda-nusantara-2018 #berau-kalimantan-timur #h-muharram #kemenpora-ri #dr-bayu-rahadian-spkj 

Berita Terkait

IKLAN