Nasional

Soal Wagub, Anies Sebut Tak Perlu Dimediasi

Redaktur: Purwoko
Soal Wagub, Anies Sebut Tak Perlu Dimediasi - Nasional

Anies Baswedan. Foto: dok. Indopos

INDOPOS.CO.ID - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, meminta Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan memediasi kedua parpol, yakni Gerindra dan PKS untuk memastikan pengganti posisi Wagub DKI. Tapi, Anies menilai tak perlu mediasi karena itu dinamika politik antara adik dan kakak.

"Mereka itu bersaudara enggak perlu ada penengah. Bersaudara. PKS sama Gerindra itu sekutu dalam lima tahun mereka berjalan bersama. Ini dinamika kakak adik aja," kata Anies di Pinggir Sungai Ciliwung Condet Balekambang, Kramatjati, Jakarta Timur, Minggu (11/11).

Drama PKS dan Gerindra soal kursi DKI-2 belum kunjung usai. Tahapan paling anyar, dua partai itu sepakat menempuh mekanisme fit and proper test untuk penentuan calon Wagub DKI.

Anies juga mengatakan tak ada desakan untuk mempercepat penentuan calon Wagub DKI. Dia justru melihat desakan itu datang dari masyarakat.

"Menurut saya masyarakat yang sudah mendesak dan biarkan proses politiknya jalan, saya rasa, mereka pun bukan orang yang tidak kenal satu sama lain, kenal satu sama lain, berinteraksi dekat, banyak kegiatan, jadi saya mediasikan kalau ada kendala komunikasi. Mereka komunikasi deket kok," paparnya.

Meski demikian, Anies berterima kasih kepada Tjahjo yang ikut memerhatikan DKI. Sebab menurutnya, kekosongan kursi pejabat pemerintah bukan cuma ada di Jakarta.

"Tapi saya terima kasih pada pak mendagri memberi perhatian pada Jakarta karena saya tahu pak mendagri menghadapi situasi yang hampir sama di banyak wilayah, ada banyak wilayah di Indonesia dimana terjadi kekosongan posisi wakil dan itu prosesnya panjang, jadi saya terima kasih dengan pak mendagri, kita selalu dapat bimbingan," tutur Anies.

Anies tak ingin mengomentari calon Wagub DKI yang diusung oleh PKS yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Dia yakin nama calon Wagub DKI punya kompetensi.

"Saya percaya partai akan mengusulkan nama yang kompeten dan bisa kerja. Bayangkan, seluruh memerhatikan, teman-teman media selalu menanyakan, artinya perhatian publik besar jadi saya percaya partai akan serius," tandas dia. (ibl)

 

Berita Terkait

Megapolitan / Tim Tata Kelola Air akan Datangi KPK

Megapolitan / Gara-Gara Banjir, Anies dan Ahok Berbalas Pantun

Megapolitan / Berharap Kawasan TOD Memudahkan Angkutan Antarmoda

Megapolitan / Anies Janji Bakal Bangun Banyak Kolam Retensi

Megapolitan / Anies Jatuh Cinta dengan Vespa sejak Muda


Baca Juga !.