Prancis yang Paling Merugi

INDOPOS.CO.ID – Prancis tinggal membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke fase knock out League A di ajang UEFA Nations League. Namun menuju matchday keempat atau pamungkas grup 1 versus Belanda pada Sabtu dini hari (17/11) di Stadion De Kuip Rotterdam, Les Bleus kehilangan empat pemainnya.

Paul Pogba seperti punya dua karakter jika bermain dalam kostum yang berbeda. Jika tampil untuk Prancis, pemain 25 tahun itu terlihat sangat gembira dan menikmati. Sedangkan kalau bermain untuk Manchester United, klub yang menggajinya, justru tak stabil.

Karena itulah ketika Pogba mengalami cedera meski sifatnya tak parah saat lawan Juventus (8/11), pelatih United Jose Mourinho boleh dikatakan ‘bahagia’. Sebab dengan alasan cedera minor di paha kiri, Pogba tak bergabung dengan skuad Prancis.

Padahal di jeda internasional 12-22 November ini, Prancia dijadwalkan bertemu Belanda di UEFA Nations League dan ujicoba internasional versus Uruguay (21/11). “Beberapa tim nasional berlaku sangat profesional dengan mengirim pemain kembali ke klub secepatnya jika mengalami cedera. Sementara yang lain berlaku sebaliknya, mereka menyimpan pemain itu berlama-lama dan tak mengembalikan ke pihak klub,” kata Mourinho kepada Manchester Evening News kemarin (13/11).

Selain Pogba, penyerang United yang juga berkebangsaan Prancis yakni Anthony Martial pun absen. Martial yang sedang dalam kondisi puncak musim ini, mencetak gol dalam lima laga beruntun United, juga absen dari Prancis.

Setelah mencetak satu gol di Derby Manchester Senin (12/11) lalu, Martial disebutkan mengalami cedera pada otot aduktornya. Cedera ini pun membuatnya tetap berada di Carrington, markas United, buat mendapat perawatan.

Prancis bisa disebut paling merugi pada periode internasional bulan ini. Selain Pogba dan Martial dari skuad United yang absen, dua nama lainnya pun tak bisa memenuhi panggilan entraineur Prancis Didier Deschamps.

Benjamin Mendy (Manchester City) didiagnosa cedera lutut kiri setibanya di markas timnas Prancis, Clairefontaine. Sedangkan penyerang Arsenal Alexandre Lacazette mengalami cedera pangkal paha dua jam setelah namanya dipanggil kemarin.

Entraineur Prancis Didier Deschamps kepada Goal mengatakan performa Lacazette memang impresif sejauh ini bersama Arsenal. Eks penyerang Olympique Lyon itu berkontribusi enam gol dan empat assist diantara 15 penampilan musim ini.

“Mungkin banyak yang bertanya mengapa dia (Lacazette, red.) tak bergabung dengan tim Prancis pada Piala Dunia lalu? Jawabnya karena saya tak akan memanggil pemain dengan posisi yang sama,” jawab Deschamps.

Eks pelatih AS Monaco, Juventus, dan Olympique Marseille itu seperti menegaskan kalau Lacazette kalah saing dengan Olivier Giroud yang ada di posisi penyerang tengah atau CF.

Bagaimana dengan hilangnya empat nama itu ? Karena Prancis memiliki talenta melimpah maka tambal sulam skuad pun gampang dilakukan. Menggantikan posisi Mendy dipanggillah Ferland Mendy (Olympique Lyon). Lalu posisi Pogba digantikan Moussa Sissoko (Tottenham Hotspur). Lalu di posisi depan menggantikan Lacazette dipanggillah Alassane Plea (Borussia Moenchengladbach).

Di sisi lain, Inggris meski tak separah Prancis harus kehilangan dua pemain pilarnya. Yakni Kieran Trippier karena cedera di pangkal paha kanan. Sedangkan Danny Welbcek harus naik ke meja operasi setelah mengalami patah engkel kanan saat lawan Sporting Lisbon Jumat (9/11) lalu.

Inggris akan menghadapi laga pamungkas di UEFA Nations League menghadapi Kroasia 19 November mendatang di Stadion Wembley.

Sementara itu, tiga pemain Brasil yakni Fred (Manchester United), Andreas Pereira (Manchester United), dan Lucas Moura (Tottenham Hotsour) yang masuk skuad Brasil di ujicoba internasional bulan lalu harus rela absen. Oleh Tite keduanya dipinggirkan saat lawan Uruguay (17/11) dan Kamerun (21/11) di ujicoba internasional bulan ini. (dra)

Komentar telah ditutup.