Senin, 10 Desember 2018 10:40 WIB

Jakarta Raya

Pendekatan Ini Atasi Masalah Ekosistem Danau di Jakarta

Redaktur: Darul Fatah

PROGRAM KERJA - Kepala Pusat Penelitian Limnologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Fauzan Ali.

INDOPOS.CO.ID - Kondisi waduk atau danau di wilayah Jakarta masih cukup memprihatinkan. Tidak sedikit waduk belum dinormalisasi, sehingga menyebabkan banjir dan merugikan masyarakat di sekitar danau.

Beberapa waktu lalu, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta telah melakukan revitalisasi 14 danau di wilayah Jakarta. Salah satu tujuannya, untuk persiapan mengatasi banjir di musim hujan.

Kepala Pusat Penelitian Limnologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Fauzan Ali mengatakan, danau atau situ di wilayah Jakarta memiliki tipe urban lake atau danau yang sudah didominasi daerah aliran sungai (DAS) nya oleh pemukiman. Sehingga dominan dengan limbah domestik.

“Untuk mengubah danau di Jakarta menjadi baik dengan ekosistem yang memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar harus dengan pendekatan kolaborasi antara pemodelan DAS dan hidrodinamika danau,” ujar Fauzan Ali di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Hasilnya, menurut Fauzan, akan diketahui wilayah subDAS mana saja yang harus lebih ditanggulangi limbahnya. Biasanya dengan penempatan communal IPAL dan sekaligus dapat diestimasi kapasitas Comm IPAL tersebut.

“Kalau pendekatan dengan berbasis daya dukung ekosistem seperti danau rawa banjiran bisa saja, tapi harus ada riset limbah dan DAS-nya,” katanya.(nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dinas-sda-dki #pemprov-dki #lipi 

Berita Terkait

Terbitkan KLJ, KJP Plus, dan KP

Jakarta Raya

Jakarta Siap Menjadi Pusat Kebudayaan Asia

Jakarta Raya

Rumah Aman Tangani Perempuan dan Anak Korban Kekerasan

Jakarta Raya

PWI dan Pemrov DKI Apresiasi Karya Jurnalistik

Jakarta Raya

Pemprov Diminta Perbaiki Layanan Kesehatan

Jakarta Raya

Belasan Reklame Liar Diturunkan Sukarela

Jakarta Raya

IKLAN