Politik

KPU Perpanjang 30 Hari untuk Sempurnakan Data DPT

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
KPU Perpanjang 30 Hari untuk Sempurnakan Data DPT - Politik

PERPANJANG- KPU Arief Budiman. FOTO: FAJAR

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menunda penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Penundaan dilakukan lantaran masih ada 6 dari 34 provinsi yang belum rampung melakukan pemutakhiran dpt.

Lembaga penyelenggara pemilu ini mempunyai waktu 30 hari untuk menyempurnakan dpt tersebut. Hal ini diputus dalam rapat pleno penetapan dpt hasil perbaikan tahap dua, Kamis (15/11/2018) malam.

"Rapat terbuka KPU memutuskan, menetapkan penambahan waktu paling lama 30 hari untuk melakukan penyempurnaan dpt," ujar Ketua KPU Arief Budiman dalam rapat di Kawasan Gambir Jakarta.

Proses penyempurnaan dpt ini, menurut Arief, bakal dilakukan oleh stake holder terkait seperti Dirjen Dukcapil Kemendagri, Bawaslu serta parpol dari tingkat pusat sampai daerah di enam provinsi.

Enam provinsi tersebut antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, NTT, Sulawesi tmTenggara, Sulawesi Tengah dan Maluku. "30 hari ini kami meyakini bisa (selesai) karena sebagian besar, dari 80 persen (dpt) pekerjaan ini sudah selesai," kata Arief.

Sedangkan 28 KPU Provinsi telah rampung melakukan pemutakhiran dpt dengan total data hasil perbaikan berjumlah 141.412.533 pemilih. Adapun data ini terbagi kedalam 418 kabupaten kota, 5.709 kecamatan, 68.289 desa / kelurahan, serta 6.939 TPS. Lalu jumlah keseluhatan dpt sementara terdiri dari laki-laki sebanyak 70.586.944 pemilih dan perempuan sebanyak 70.825.549 pemilih. (jaa)

Berita Terkait

Nasional / KPU Punya Strategi Khusus

Nasional / Sengketa Pemilu, KPU Daerah Dipersiapkan

Headline / New Hope untuk Presiden Baru

Nasional / Harus Bisa Jahit Merah Putih

Politik / Presiden Tiongkok Ucapkan Selamat untuk Jokowi

Headline / Pengumuman KPU di Pagi Buta, Titiek: Kita Tidak Terima


Baca Juga !.