Rabu, 12 Desember 2018 08:47 WIB

Indosport

Tim Jelajah Sepeda Nusantara Finis di Yogyakarta

Redaktur: Darul Fatah

INDOPOS.CO.ID - Tim jelajah sepeda nusantara telah mengakhiri perjalanan bertajuk 'Ayo Olahraga' di Kota Yogyakarta. Sebanyak 15 pesepeda ini rampung mengarungi perjalanan di empat pulau, yaitu Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Jawa.

Kedatangan rombongan Tim Jelajah Sepeda Nusantara besutan Kemenpora itu diterima sekaligus diberi kalung medali oleh beberapa pejabat, seperti Asisten Deputi Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo, Sekda Pemkot Yogyakarta Titik Sulastri, dan Wakil Ketua DPRD DIY, Jumat (16/11/2018).

Dalam sambutannya, Sekda Pemkot Yogyakarta Titik Sulastri mengaku bangga atas terpilihnya Yogyakarta sebagai lokasi finis tim yang mengawali start di titik terluar Indonesia, yakni di Pos Lintas Batas Negara Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau, Sabtu (30/6/2018).

"Kota Yogyakarta merupakan kota sepeda, dengan berjalannya waktu, kota wisata ini melalui kehadiran Tim Jelajah Sepeda Nusantara, diharapkan para masyarakat maupun wisatawan lebih menyintai moda transportasi yang bebas dari polusi," ujar Titik dalam keterangannya.

Tim Jelajah Sepeda Nusantara total menempuh jarak sejauh 6.752 kilometer dari Entikong hingga Kota Yogyakarta selama 78 hari dengan rata-rata efektif mengayuh sepedanya dalam sehari adalah 130km/hari.

Mereka yang telah mengarungi empat pulau dengan bersepeda adalah Fito Bakdo Prilanji. Road Captain 1 (Pontianak), Dede Supriatna. Road Captain 2 (Bandung), Kamaruzzaman (Pontianak), Vincensius Vandi Artha (Yogjakarta), Nurhidayat (Pontianak), Raden Rendra Bayu Nugroho (Probolinggo), Gus Arianto (Aceh), Mitya Fitrina (Bandung), Nina Puspawardhani (Solo), Ni Made Dwi Puspasari (Denpasar), Darna (Makassar), Elisabeth Yarinap (Papua), Eka Oktaviani (Palembang), Selsa Ayu Dily (Riau) dan Yuni Indah Lestari (Sidoarjo).

Sementara itu, Asdep Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo menuturkan, jika program unggulan Kemenpora ini diharapkan mendapat dampak positif kepada masyarakat luas di Indonesia, sehingga meningkatnya angka kebugaran bagi masyarakat itu sendiri.

"Kita patut bersyukur memiliki pahlawan-pahlawan olahraga, atet-atlet hebat Indonesia yang tergabung dalam Tim Jelajah Sepeda Nusantara ini yang mampu membuktikan jika program dari pemerintah dalam hal ini Kemenpora menyentuh masyarakat baik di kota maupun di desa hingga kepelosok penjuru Tanah Air," ucap Teguh Raharjo.
 Di sisi lain, Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto menganggap bagus program Sepeda Nusantara ini yang mana di dalamnya terdapat Tim Jelajah Sepeda Nusantara besutan Kemenpora.

"Dengan diluncurkannya program ini merupakan langkah untuk terus memberikan inspirasi kepada berbagai elemen masyarakat dalam rangka menggelorakan gemar berolahraga, meningkatkan kualitas hidup dengan memiliki kondisi badan yang sehat sehingga lebih produktif," terang Arif Noor Hartanto. (jaa)
 
 
 


TOPIK BERITA TERKAIT: #jelajah-sepeda #kemenpora 

Berita Terkait

Jackson Kumaat Maju Caketum KNPI di Kongres XV

Nasional

Keren, Atlet Sepeda Indonesia Terlindungi Otomatis

Total Sport

Kempora Kukuhkan Pemuda Anti-Narkoba 2018

Total Sport

Paskibra Bengkulu Sambangi Kemenpora

Nasional

Kemenpora Cetak Kader Inti Pemuda Antinarkoba

Nasional

IKLAN