Total Sport

Sukses di Asian Games, Belum Tentu di SEA Games

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Sukses di Asian Games, Belum Tentu di SEA Games - Total Sport

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang

INDOPOS.CO.ID - Kontingen Indonesia mencatat sukses besar di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September lalu. Kontingen Merah Putih menempati posisi empat besar dengan raihan 31 medali emas, 24 perak dan 47 perunggu.

Efouria pun menyelimuti kontingen Indonesia karena sukses menembus posisi empat besar diluar dugaan. Semula Indonesia hanya mematok target 10 besar dengan asumsi antara 16-20 medali emas.

Namun muncul pertanyaan, apakah sukses besar di Asian Games 2018 tersebut akan menjamin posisi Indonesia akan naik di SEA Games 2019 Filipina ?

Wakil Ketua Umum 1 KONI Suwarno dengan mudah menjawab pertanyaan di atas. Menurut mantan Pangdam V Brawijaya ini, jika menilik hasil atau capaian di Asian Games 2018, semestinya ada peningkatan peringkat di SEA Games 2019.

”Tapi kita tahu sendirilah kondisi sesungguhnya olahraga Indonesia karena pencapaian di Asian Games 2018 itu belum mencerminkan keberhasilan pembinaan sesungguhnya. Berdasarkan evaluasi yang kita lakukan masih banyak cabang olahraga Olimpiada yang belum menunjukkan hasil maksimal,”kata Suwarno ketika membuka Workshop Penyusunan Kriteria Calon Atlet, Pelatih dan Manajer di Grand Boutique Hotel (GBH) Melawai Kawasan Blok M Jakarta, kemarin.

Suwarno lebih jauh mengatakan, posisi Indonesia di SEA Games 2017 Malaysia lalu berada di peringkat 5, satu tingkat di atas Filipina. Dan sudah bukan rahasia umum lagi setiap yang menjadi tuan rumah SEA Games selalu menginginkan hasil terbaik. Jadi Filipina sudah pasti akan all out dan meninggalkan Indonesia.

Jika posisi Indonesia tak semakin terpuruk di SEA Games 2019, persiapan cabang olahraga tentu harus lebih baik. Memang, masih banyak cabang olahraga yang masih menunggu pencairan dana dari pemerintah untuk mempelatnaskan atletnya.

”Pada Asian Games 2018 lalu, dana pelatnas hanya Rp780 miliar dan untuk SEA Games 2019 nilainya dipastikan akan menurun, paling banter mentok di angka Rp.500 miliar. Oleh karenanya, PB/PP dari masing-masing cabor harus secepat mungkin mencari solusi. Pelatnas SEA Games 2019, idealnya Januari sudah berjalan,”papar pensiunan Jenderal Bintang Dua itu.

Terkait penyusunan kriteria atlet, pelatih dan manajer untuk persiapan multi even 2019, Suwarno menegaskan hal itu dikembalikan kepada masing-masing cabang olahraga. Namun KONI Pusat telah membuat panduan dan arah kebijakan.

SEA Games 2019, lanjut dia, erat kaitannya dengan persiapan Olimpiade 2020 karena ada cabor yang sudah harus menjalani babak kualifikasi.”Nah kita telah mendata ada 7 cabor Olimpiade yang mencatat prestasi di Asian Games 2018 seperti angkat besi, bulu tangkis, rowing, tenis, taekwondo, Pencak Silat, Karate dan Wushu,” paparnya. (bam)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Total Sport / Popsivo-Samator Bertekad Kawinkan Gelar Proliga 2019

Indosport / Mobil Ini Dijanjikan untuk Hadiah Penonton Asian Games 2018

kampus kreatif / Mengenal Bilal Bilano Atlet Asian Games 2018

kampus kreatif / Mengenal Bayu Kertanegara, Peraih Medali Perak Asian Games 2018

Total Sport / Bonus Atlet DKI Peraih Medali AG Segera Cair

Total Sport / Sukses AG Momen Tebar Prestasi ke Tingkat Dunia


Baca Juga !.