Rabu, 12 Desember 2018 08:42 WIB

Nasional

Buat Peta Tempur Gabungan, Mabes TNI-Pushidorsal Inspeksi Survei Hidro Oseanografi

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Mabes TNI dan Pusat Hidro Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) melakukan Inspeksi Survei Hidro-Oseanografi di perairan Morotai Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan itu dilakukan oleh Paban VI Surta Sops Mabes TNI Kolonel CTP Drs. Ibnu Fatah, sejak akhir Oktober lalu. Survei dilaksanakan Pushidrosal dalam rangka mendukung kepentingan Militer untuk pembuatan Peta Tempur Gabungan TNI.

“Termasuk informasi ini dapat digunakan untuk publikasi nautika di perairan tersebut,” terang Kepala Pushidrosal, Laksamana Muda TNI, Harjo Susmoro, di Jakarta, Sabtu (17/11/2018).

Dia juga mengatakan, data survei hidro - oseanografi juga bertujuan untuk mengupdate Peta Laut Indonesia (PLI) perairan Morotai 2015 lalu. Selain itu, survei juga memiliki nilai-nilai strategis karena Morotai sebagai salah satu pulau - pulau kecil terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Terpisah, Paban VI Surta Sops TNI, Ibnu Fatah menjelaskan, selain untuk penyiapan Peta Tempur Gabungan di perairan Sopi, Pangeo, Gurango dan Tawakali, P. Morotai, data hasil survei itu juga akan digunakan untuk update peta laut Indonesia No. 391, atau pemutakhiran peta laut di wilayah tersebut.

Sehingga dapat membantu mempercepat konektivitas pelayaran di perairan Indonesia bagian Timur dan rangka mendukung program Tol laut Indonesia serta pembangunan kelautan di Kabupaten Morotai.

“Kita melihat langsung pelaksanaan survei dan melihat kondisi morfologi pantai, serta kondisi personel survei di Posko sedang melaksanakan pengolahan data lapangan,” katanya.

Survei sudah berlangsung selama 21 hari dan telah memasuki tahap pengakhiran survei. Adapun data dari tim survei bakal segera divalidasi dan diolah kembali di Pushidrosal, dan akan disajikan dalam bentuk Peta Tempur Gabungan untuk kepentingan operasi TNI. (nel)


TOPIK BERITA TERKAIT: #buat-peta-tempur-gabungan #mabes-tni-pushidorsal-inspeksi-survei-hidro-oseanografi 

Berita Terkait

IKLAN