Kamis, 13 Desember 2018 06:16 WIB

Nasional

Seperti Ini Kondisi UKM di Indonesia

Redaktur: Darul Fatah

FOKUS PEREKONOMIAN - Pelaksana Tugas Bupati Mojokerto Pungkasiadi (paling kanan)

INDOPOS.CO.ID – Kontribusi usaha kecil dan mikro di Provinsi Jawa Timur pada perekonomian nasional mencapai 14,67 persen. Hingga kini, pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur mencapai 5,50 persen, di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,17 persen.

Pernyataan tersebut diungkapkan Asisten Perekonomian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) Wahid Wahyudi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (18/11/2018).

Ia menuturkan, peran Pemprov Jatim sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan produk UKM di tingkat nasional. Karena masalah utama penanganan UKM di Indonesia pada pemasaran.

“UKM penyangga ekonomi nasional. Jadi kita memberikan perhatian penuh pada pengembangan UKM dari segi pembiayaan, pembinaan produk hingga pengembangan jaringan pemasaran,” kata dia.

Wahid menjelaskan, kontribusi UKM cukup besar pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yakni hingga 30 persen. Yang sangat potensial, menurutnya berasal dari UKM sektor agro.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Bupati Mojokerto Pungkasiadi sangat berharap pengenalan potensi daerah bisa mendorong promosi produk unggulan dari daerahl. Sehingga, produk unggulan dari daerah bisa bersaing di pasar nasional.

“Ini hanya sebagian kecil UKM dari Mojokerto. Kami ingin gerakan semua, karena mereka kekurangan promosi di tingkat nasional,” tukas dia.(nas)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #umkm #pemprov-jawa-timur #tmii 

Berita Terkait

Dorong dari Bawah

Jakarta Raya

Bank DKI Tambah Kantor di Pasar dan Rusun

Jakarta Raya

IKLAN