Merajut Kebersamaan untuk Sesama

INDOPOS.CO.ID – Yayasan Keluarga Gan Indonesia (YKGI) meresmikan YKGI Center di Jakarta, Minggu (18/11). Kegiatan yang mengusung tema “Merajut Kebersamaan Keluarga dan Mendorong Kebahagiaan Sesama” itu diharapkan dapat memupuk kebersamaan dan pengembangan seni serta budaya bangsa.

Tidak hanya itu, pendidikan moral juga menjadi fokus utama pada kegiatan organisasi tersebut. Ketua Dewan Pembina YKGI AB Susanto dalam kesempatan peresmian kantor YKGI juga membahas buku yang memiliki relevansi tentang visi dan misi organisasi.

Isi buku bertajuk “Applying The Teaching of Confucius in The Modern World Wisdom from The Analects” itu mengajarkan tentang kebaikan dalam kehidupan.

Sementara itu, Ketua Umum YKGIAdhi Hartono menambahkan, giat persemian gedung YKGI Center dan bedah buku itu sudah menjadi impian keluarga Gan sejak puluhan tahun lalu. “Jadi yayasan ini dibentuk untuk menolong keluarga Gan yang kurang beruntung dan juga untuk menolong orang lain yang membutuhkan. Selama ini, yayasan keluarga Gan sudah membiayai keluarga Gan yang kurang mampu. Dan telah memberi bantuan berupa beasiswa pendidikan kartu BPJS dan lain sebagainya,” kata dia.

Dia menambahkan, setiap dua bulan sekali, pihaknya memberi bantuan ke sejumlah panti jompo dan panti asuhan. Dengan harapan, bisa memberi kontribusi bagi masyarakat.

Terpisah, pembahas yang hadir mengkaitkan ajaran Konfusius dalam buku dengan sudut pandang berdasarkan latar belakang masing-masing. Seperti Yudi Latif mengkaitkan dengan Pancasila.
Sedangkan Musdah Mulia, selaku Ketua Indonesian Conference on Religion and Peace menuturkan, sikap rasis, diskriminasi, dan bullying masih saja terjadi sampai hari ini. “Mari kita lihat perjalanan kemanusiaan kita. Tahun 1970-an keluar konferensi anti rasis, menghilangkan kehinaan. Tahun 1979-an keluar konferensi mengenai diskriminasi terhadap perempuan. Tapi sampai sekarang prinsip keadilan gender belum dapat diterapkan sampai sekarang,” kritisnya.

Maka itu, dia mengajak setiap individu untuk bisa mengajarkan toleransi dan keberagaman kepada setiap anak di keluarga terdekat.(ibl)

Komentar telah ditutup.