Indobisnis

Dapat Pinjaman Rp 1,3 Triliun, Pelindo I Segera Bayar Kontraktor

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Dapat Pinjaman Rp 1,3 Triliun, Pelindo I Segera Bayar Kontraktor - Indobisnis

CAIR- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I menandatangani kerja sama pembiayaan investasi Rp 1,3 triliun bersama tiga Bank BUMN, Bank Mandiri, BRI dan BNI di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (19/11/2018). FOTO: DERI/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I akan segera membayar pengerjaan proyek kepelabuhanan kepada kontraktor. Seperti ke BUMN PT PP. Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Pelindo I Bambang Eka Cahyana, usai menandatangani kerja sama pembiayaan investasi Rp 1,3 triliun dengan Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BNI.

"Salah satu kontraktornya PP tentu akan segera bisa dilunasi. Saya juga minta supaya proyek dipercepat pengerjaannya. Kredit ini untuk proyek-proyek yang selesai akhir 2018 dan juga pada kuartal I 2019," ujar Bambang di Hotel Borobudur, Jakarta Senin (19/11/2018).

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya memang ingin saat melakukan pinjaman langsung digunakan. Selain untuk membayar kontraktor, pinjaman itu juga akan digunakan untuk pembelian alat-alat, penguatan dermaga dan penerapan digitalisasi sistem cashless seperti di Pelabuhan Belawan. Kemudian perkuatan dermaga di Pelabuhan Sei Kolak Kijang, Tanjung Pinang dan Penataan Pelabuhan Malahayati.

Sementara itu, pada saat bersamaan juga dilakukan penandatangan pembiayaan subordinasi kredit investasi PT Prima Multi Terminal dari PT Sarana Multi Infrastruktur sebesar Rp 479 miliar

Selain itu juga pernyataan kembali pembiayaan fasilitas kredit investasi PT Prima Multi Terminal sebesar Rp 2,1 triliun. Kredit yang digunakan membiayai pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung ini telah diterima anak usaha Pelindo I pada 2016 dari Bank Mandiri, BRI dan BNI.

"Pelabuhan Kuala Tanjung minggu pertama bisa ujicoba untuk ekspor. Jadi pinjaman ini untuk pengembangan kapasitas. Ekspor kargo dari tiga perusahaan di Kuala Tanjung sudah komitmen. Ada yang 400 kontainer perminggu dan 50 hingga 100 perminggu. Ekspor ke Asia Utara, Taiwan dan China. Ijin operasi dari Kemenhub dan kepabeanan dari bea cukai sudah diperoleh," pungkas Bambang.

Sementara itu, Direktur Corporate Banking BRI Kuswiyoto sangat senang mendukung pembiayaan infrastruktur. "Kami melihat dampaknya ini untuk perekonomian nasional bagus. Berdampak buat sektor riil dan juga buat perbankan. Kami dan teman-teman Himbara siap untuk mendukung pelindo I," pungkasnya. (dai)

Berita Terkait

Ekonomi / BNI Sebar Paket Bantuan Ramadan

Ekonomi / Dukung Ekspor Indonesia, BNI Biayai Importir Burung Walet

Ekonomi / Mandiri Sebar 77 Titik Penukaran UPK

Daerah / Fasilitas Pelabuhan kok Semerawut Tahunan


Baca Juga !.