Kamis, 13 Desember 2018 07:03 WIB

Nasional

Dukungan Pemerintah terhadap Kesenian harus Ditingkatkan

Redaktur: Ali Rahman

Penampilan para pemeran teater dalam pembukaan Festival Teater Jakarta 2018 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Foto: Dhika Alam Noor/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ketua Dewan Kesenian Jakarta, Irawan Karseno, mengatakan bahwa untuk memajukan kesenian tentu perlu dukungan berbagai pihak. Mengingat berkesenian tak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena seni memiliki dampak secara aktif menjadi kreatif dan kesenian memiliki sejumlah manfaat kesehatan serta secara keseluruhan meningkatkan kualitas hidup seseorang.

"Saya bisa memahami, di Jakarta itu berat banget membangun kelompok teater. Katakanlah WS Rendra membangun bengkel teater diakhir tahun 60-an di Jogja. Mungkin ongkos hidup begitu murah kala itu. Tapi kalau di Jakarta orang keluar rumah mau latihan teater itu sebuah tantangan sendiri," ujar Ketua Dewan Kesenian Jakarta, Irawan Karseno di Jakarta, Selasa (20/11/2018).

"Berkesenian kan tidak ujung-ujungnya melulu mencari uang, tapi menjadi pengabdian sebuah kewajiban yang harus dijalankan. Untuk peradaban yang menjadi kualitas kehidupan harua kita jalankan. melukis, bermusik harus dijalankan terus. Saya kira kerja sama dengan pemerintah daerah cukup baik," tambahnya.

Menurutnya, dukungan pemerintah pusat dan daerah sudah membantu banyak tempat pusat kesenian. Baik dari sisi anggaran maupun infrastuktur. "Saya percaya, bahwa dukungan pemerintah ada karena kita bisa lihat kerja sama dengan Kemendikbud dan Bekraf. Itu pasti karena Presiden kita sendiri mengatakan bahwa kita kebudayaan jadi investasinya lebih besar," ungkap Irawan Karseno.

Bahkan, minat masyarakat khususnya anak muda terhadap teater kini cukup tinggi. Hal itu disebabkan karena kondisi politik dan banyak beredar informasi yang belum pasti kebenarannya.

"Barangkali mereka sudah muak dengan hoaxs, mencari kebeneran melalui kesenian berarti meningkat. Menurut saya menarik mengamati dari kesenian, pertama mereka bosan dengan hoaxs dan bosan dengan industri, bosan dengan politik. Ini peluang kesenian harus menghadirkan isu-isu yang menarik," tukas Irawan Karseno.

Ia berharap bahwa generasi pemuda saat ini memiliki potensi besar. Karena setiap generasi pasti menunculkan kemampuan untuk memajukan peradaban. "Saya kira, setiap generasi memang memunculkan fenomena dan kemampuan yang lebih baik dalam peradaban manusia yang akan datang. Tidak semuanya harus memandang negatif," harap Irawan Karseno. (dan)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #dewan-kesenian-jakarta #irawan-karseno 

Berita Terkait

Festival Teater Jakarta 2018 Tampilkan Generasi Z

Jakarta Raya

IKLAN