Liga Indonesia

Konsistensi Jadi Problem

Redaktur: Riznal Faisal
Konsistensi Jadi Problem - Liga Indonesia

BUTUH KEAJAIBAN - Riko Simanjuntak dan kawan-kawan siap menghadapi Filipina pada laga terakhir Grup B Piala AFF pada 25 November mendatang.FOTO:Chandra Satwika/Jawa Pos

INDOPOS.CO.ID – Timnas Indonesia sudah menggelar latihan kembali pasca kekalahan atas Thailand di Stadion Rajamangala, pada 17 November lalu. Kemarin (20/11), Hansamu Yama dkk sudah mulai latihan di Lapangan ABC. Latihan pun tidak langsung berat, hanya berfokus pada evaluasi dan recovery.

Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti menuturkan, dalam dua hari terakhir usai pulang dari Thailand pada 18 November lalu, timnya fokus untuk lakukan evaluasi. Eks gelandang Timnas itu melihat konsistensi jadi problem utama penyebab kekalahan Merah Putih. Unggul lebih dulu, Indonesia malah dibalas 4 gol.

Karena itu, setelah dua hari libur dan memberikan materi evaluasi dari forum diskusi, Bima membeberkan segala kesalahan bermain kemarin. Dia ingin kembali mengingatkan pemainnya kalau masalah kualitas, tim Garuda sama sekali tidak kalah. ’’Pelatih Thailand (Milovan Rajevac) juga bilang gitu kan, ‘Indonesia main luar biasa babak pertama, kenapa tidak konsisten’, itu jadi fokus kami,’’ tuturnya.

Dia berharap di pertandingan terakhir fase grup B melawan Filipina pada 25 November mendatang, kesalahan itu tidak kembali terulang. Sebab, laga tersebut sangat penting meskipun peluang Timnas kecil lolos ke semifinal. ’’Yang penting memenangkan pertandingan dulu, tidak mikir bagaimana-bagaimana,’’ tegasnya.

Selain itu, mantan pemain Persegres Gresik United itu juga memberikan materi game kepada anak asuhnya.

Khususnya pemain yang sama sekali tidak mendapatkan kesempatan melawan Thailand. Internal game berupa 5 on 5 dengan setengah lapangan.

’’Ya, memang saya sengaja berikan banyak recovery. Waktu panjang menjelang lawan Filipina, jadi harus dimanfaatkan untuk kembalikan kondisi pemain,’’ paparnya.

Lantas, bagaimana kondisi Awan Setho yang sempat jadi kambing hitam kekalahan Timnas Indonesia atas Thailand? Bima mengungkapkan, kiper Bhayangkara FC itu baik-baik saja. Dirinya juga kemungkinan besar akan kembali turunkan Andritany Ardhiyasa untuk melawan Filipina. ’’Dia bagus dan siap main,’’ lanjutnya.

Nah, selain fokus evaluasi dan recovery, Bima berharap Thailand yang mengalahkan timnya bisa membantu Indonesia. Salah satunya adalah mengalahkan Filipina hari ini. Jika bisa mengalahkan Filipina, peluang Indonesia cukup terbuka untuk bisa lolos ke babak semifinal.

’’Saya lihat meski sudah lolos, pemain Thailand itu tidak mau kalah dengan siapa saja. Saya berharap bisa menang,’’ katanya lantas tersenyum.

Sementara itu, Riko Simanjuntak mengaku kondisinya dan rekan-rekan sudah bagus. Mental sudah bangkit meski kalah atas Thailand. ’’Tadi Andik juga sudah bisa ikut latihan. sudah enak di lapangan,’’ bebernya.

Pemain Persija Jakarta itu menerangkan rekan-rekannya juga sudah makin dekat satu sama lain. Chemistery kian terbangun. ’’Itu modal yang bagus, kalau Riko tetap optimis Indonesia masih bisa lolos,’’ ujarnya.

Berita Terkait

Internasional / Udara Thailand Memburuk

Ekonomi / Ajak Pengusaha Indonesia Ikuti Ajang Bangkok RHVAC

Internasional / Parlemen Thailand Legalkan Ganja Medis

Liga Indonesia / Melatih Timnas, McMenemy Ingin Gali Potensi Pemain

Liga Indonesia / Evan Fobia Naik Pesawat


Baca Juga !.