Indosport

Tuchel Dag Dig Dug

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Tuchel Dag Dig Dug - Indosport

Neymar. Foto: YANN COATSALIOU/AFP

INDOPOD.CO.ID – Paris Saint-Germain (PSG) menggantungkan lebih dari 66,6 persen golnya musim ini ke pundak Neymar Jr dan Kylian Mbappe. Duo Neymar-Mbappe berkontribusi dalam 40 gol PSG di semua ajang dengan kontribusi sama persis. Sama-sama mencetak 13 gol dan tujuh assists.

Nah apa jadinya jika duo ini menghilang dari skuad Les Parisien secara bersamaan? Itulah yang telah menanti entraîneur PSG Thomas Tuchel. Itu setelah mereka sama-sama kembali ke Camp des Loges dari jeda internasional dengan cedera, kemarin WIB (21/11). Neymar dibekap cedera kunci paha setelah hanya main 18 menit saat Brasil menang 2-0 atas Kamerun di Stadium MK.

Sementara Mbappe keluar dari lapangan dengan bahu kanannya dibebat ketika menit ke-36. Ada kekhawatiran Mbappe mengalami dislokasi bahu kanan. Padahal, selain menjalani laga home melawan Toulouse di Parc des Princes, Paris, akhir pekan ini (24/11), PSG juga melakoni laga tandang pada matchday 5 fase grup Liga Champions melawan Liverpool di Anfield (29/1).

L'Equipe mengklaim, hanya cedera Mbappe yang berpeluang besar pulih lebih cepat saat sebelum Thiago Silva dkk terbang ke Liverpool tengah pekan nanti. ''Bahunya sakit. Saat jatuh, posisinya kurang bagus. Dia harus mendapat perawatan tim medis kami dulu. Tetapi saya harap kondisinya tidak buruk,'' sebut tactician Prancis Didier Deschamps, dikutip Sky Sports.

Mbappe salah posisi jatuh saat terlibat berduel dengan penjaga gawang Uruguay, Martin Campana. Begitu terjatuh, dia mengerang kesakitan. ''Sedikit shock. Dia kesakitan. Akan tetapi, saya tak melihat ada patahan atau robekan dari cederanya itu,'' klaim Deschamps. Di musim ini, winger kanan 19 tahun itu belum pernah absen karena cedera. Sekali dia absen sampai tiga laga Ligue 1 itu karena hukuman kartu merah.

Kondisi Neymar yang lebih parah ketimbang Si 37, julukan Mbappe. Cedera Neymar itu terjadi pasca dia mencoba melakukan tembakan saat menit kedelapan. Transfermarkt menyebut terjadi regangan pada kunci pahanya. ''Dia mengeluh tidak nyaman dan kami menariknya,'' kata dokter timnas Brasil, Rodrigo Lasmar, kepada Sportv.

Neymar tak punya rekam jejak cedera lama. Saat musim lalu kapten Canarinha itu absen sampai 80 hari karena cedera retak tulang metatarsal kelima kaki kanan. Lasmar menyebut, dari tim medis Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) akan mengupayakan yang terbaik kepada Neymar. ''Dia dievaluasi dan sudah mulai perawatan. Tapi akan memerlukan sedikit banyak waktu untuk mendapat penilaian yang lebih baik. Dengan scan,'' beber dokter yang juga berperan saat sukses mengembalikan Neymar ke Granja Comary sebelum Piala Dunia 2018 lalu itu.

Lantas, bisakah Neymar kembali menjadi bagian skuad besutan Diamantenauge -julukan Tuchel? Lasmar tidak berani menjanjikan pemulihan yang lebih cepat kepada Pemain Termahal Dunia tersebut. ''Akan sangat penting untuk menunggu, setidaknya sampai lebih dari 24 jam ke depan,'' harap Lasmar.

Neymar dalam akun Instagram-nya, @neymarjr, sudah berusaha meredam kekhawatiran fans PSG tentang cederanya itu. ''Terima kasih untuk setiap orang yang sudah mengirim pesan-pesan padaku agar segera pulih dari cedera ini, saya tak berpikir kalau cedera ini cedera serius,'' tulis Neymar. (ren)

Berita Terkait

Bola Dunia / Satu Gol, Satu Tonjokkan

Bola Dunia / Namorado de Novo

Bola Dunia / Main Tanpa Neymar, PSG Pecundangi Setan Meran  2-0

Bola Dunia / Cedera Paha, Cavani Absen Perkuat PSG Hadapi MU

Bola Dunia / Neymar Terkapar hingga April

Bola Dunia / Neymar Gampang Jadi Manusia Kaca di PSG


Baca Juga !.