Nasional

Menlu RI : Indonesia Selalu Mendukung Perjuangan Palestina

Redaktur: Redjo Prahananda
Menlu RI : Indonesia Selalu Mendukung Perjuangan Palestina - Nasional

Menlu RI Retno Marsudi. Foto : Dok. INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia ,Retno Marsudi menyatakan, Bangsa Indonesia selalu mendukung perjuangan Palestina. Ini merupakan mendukung keadilan sebuah bangsa

Dalam pidato di depan ratusan mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya, Retno menyampaikan agar Indonesia tidak lupakan sejarah. Bangsa Palestina memiliki jasa dalam pengakuan kemerdekaan Indonesia. Kini wilayah Palestina terus didesak, sehingga tinggal menjadi bagian terkecil.

"Bersama dengan seluruh masyarakat Indonesia Pemerintah Indonesia akan terus memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina, sekaligus merupakan amanah konstitusi," cetus Retno dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/11/2018).

Terkait isu pemindahan ibukota Israel ke Jerusalem, Retno menyatakan, tindakan teresebut bertentangan denhan resolusi DK PBB. Indonesia harus berperan meyakinkan masyarakat internasional dan negara-negara lain untuk terus menghormati berbagai resolusi DK PBB terkait Palestina.

Wanita kelahiran Semarang ini juga menyampaikan, isu Jerusalem adalah salah satu dari 6 isu yang harus dinegosiasikan oleh Palestina dan Israel, sehingga status-nya tidak boleh diubah.

"Mengubah status Jerusalem, berarti melepas satu per satu isu yang harus di negosiasikan, satu demi satu dilepas hingga tidak ada yang dinegosiasikan, dan selesailah sudah isu Palestina, hilanglah sudah semua hak Palestina," jelasnya.

Selain isu Palestina, lanjut Retno, peran dan langkah diplomasi Indonesia dalam situasi dunia semakin tidak menentu. Dia menekankan, rivalitas antara kekuatan-kekuatan besar terjadi di semua lini, di hampir semua wilayah dunia.

Kondisi ini terlihat dalam berbagai pertemuan baru-baru ini seperti di EAS dan APEC. Dalam situasi seperti ini, Retno menegaskan, Indonesia harus tetap dapat berdiri tegak, memperjuangkan kepentingan nasional namun juga tetap dapat berkontribusi bagi perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Terakhir, Retno menegaskan bahwa diperlukan upaya terus menerus dari negara-negara ASEAN untuk tetap menjadikan Asia Tenggara kawasan damai, stabil dan sejahtera. Oleh karena itu penting sekali bagi ASEAN untuk menjaga kesatuan menjaga sentralitas-nya dan menjaga relevansi-nya.

Dalam konteks ini, Indonesia telah menginisiasi satu konsep kerja sama Indo-Pasifik yang sedang difinalisasi sebagai konsep ASEAN. "ASEAN tidak boleh pasif dan harus selalu berusaha menjadi bagian dari penyelesaian masalah,"(jaa)

Baca Juga


Berita Terkait

Internasional / Rakyat Palestina Kenang Mantan Presiden Mursi

Internasional / Awal Ramadan 1440 H, KNRP Kembali Tembus Gaza

Nasional / Warga London Protes Dukung Palestina

Headline / Pasukan Israel Tembak Mati Warga Palestina

Internasional / Berbagi Kebahagiaan Ramadan dengan Rakyat Palestina

Internasional / Serang Gaza saat Ramadan, PKS: Israel Biadab


Baca Juga !.