Nasional

Berinovasi, Pembelajaran Siswa Semakin Mudah

Redaktur: Darul Fatah
Berinovasi, Pembelajaran Siswa Semakin Mudah - Nasional

Kepala Pusat Penelitian Pendidikan (Kapuspendik) Kemdikbud M Abduh.

INDOPOS.CO.ID - Inovasi pembelajaran yang menyenangkan bisa mempermudah siswa untuk belajar. Kepala Pusat Penelitian Pendidikan (Kapuspendik) Kemdikbud M Abduh mengatakan, inovasi pada pendidikan fokus pada tiga bidang, yakni literasi, numerasi dan inklusi.

Di beberapa daerah, selama ini kerap ditemukan metode pembelajaran yang ternyata inovasi. "Misalkan ditemukan metode pembelajaran dengan menggunakan bahasa transisi atau bahasa ibu," ujar M Abduh di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Ia menjelaskan, pengantar bahasa ibu selama ini diharamkan. Karena guru lebih terikat terhadap kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD), kurikulum hingga rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

"Jarang sekali guru itu out of the book agar pelajaran dengan siswa menjadi menyenangkan. Padahal itu inovasi, seperti pengantar menggunakan bahasa ibu atau daerah," kata dia.

Selama ini, siswa disuguhkan materi pembelajaran dengan teks book atau tulisan. Padahal media pembelajaran tidak hanya melalui mata, tetapi dengan suara pun bisa memudahkan siswa untuk belajar.

"Di NTT siswa dengan mudah belajar dengan pengantar suara. Dan itu membuat anak antusias belajar," beber dia.

Ia menyebutkan, beberapa daerah menerapkan bahasa ibu sebagai pengantar pembelajaran, seperti NTT dan Madura. Dan itu solusi lokal untuk mengatasi masalah pendidikan di daerah.

"Ini satu pendekatan baru untuk siswa SD atau MI dengan inovasi pembelajaran yang menyenangkan. Dan ini bisa jadi inspirasi untuk ditiru wilayah lain, tapi tidak bisa dikemas secara nasional," kata dia.(nas)

Berita Terkait


Baca Juga !.