Jakarta Raya

Ribuan Unit Rusun di DKI Kosong, Dipilih-dipilih

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Ribuan Unit Rusun di DKI Kosong, Dipilih-dipilih - Jakarta Raya

RAPI-Salah satu rumah susun di DKI Jakarta. FOTO:DOK JPC

INDOPOS.CO.ID - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) DKI Jakarta mencatat saat ini ada 1.430 unit kosong. Jumlah tersebut menyebar di beberapa rusun yang ada di ibu kota.

Plt Kepala Dinas PRKP DKI Jakarta Meli Budiastuti menjelaskan, 1.430 unit yang kosong siap dihuni oleh warga yang akan direlokasi untuk kepentingan normalisasi sungai. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait dengan kesiapan rusun ini.

"Kalau seandainya ada warga yang mau direlokasi, siap saja ada unit-unit rusun yang kosong untuk menampung warga," jelasnya saat dikonfirmasi, Rabu (28/11).Ia menambahkan ribuan rusun itu ada di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Di antaranya di Rusun Marunda ada sebanyak 200 unit kosong, di Rusun Cakung Barat ada 100 unit, Rusun Bekasi Jalan KM 2 ada 100 unit, dan Pinus Elok ada 70 unit.

Namun, warga yang menempati rusun tetap harus membayar retribusi yang telah diatur dalam Perda 111 tahun 2014. Sebab, warga relokasi termasuk dalam kategori masyarakat terprogram."Penghuni rusun adalah wajib retribusi tapi besaran sewa mendapat pengurangan sebesar 50 persen dibanding masyarakat umum. Lalu untuk tiga bulan pertamadigratiskan," jelasnya.

Karena permintaan tempat hunian cukup tinggi, Meli akan memfokuskan bagi pemohon dari warga Jakarta saja. Sebab, alokasi dana atau anggaran Pemprov DKI Jakarta masih dapat dikatakan terbatas.(rgm/jpg)

Berita Terkait

Megapolitan / Rekomendasi Kemenhub Terbit, Pembangunan LRT Berlanjut

Megapolitan / Tim Tata Kelola Air akan Datangi KPK

Megapolitan / Singkirkan Petani Lokal, Kebijakan Anies soal Impor Bawang Putih

Megapolitan / Gara-Gara Banjir, Anies dan Ahok Berbalas Pantun


Baca Juga !.