Nasional

Mendagri Imbau Jajaran Jangan Gunakan Plastik Sekali Pakai

Redaktur: Redjo Prahananda
Mendagri Imbau Jajaran Jangan Gunakan Plastik Sekali Pakai - Nasional

FotoDok: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

INDOPOS.CO.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, menghimbau seluruh jajaran di lingkungan kemendagri mengunakan bahan plastik sekali pakai.

Karena Konsumsi kantong plastik di Indonesia sangat tinggi. Menurut dia, masalah sampah plastik sudah pada tahap mencemaskan bagi lingkungan. Imbauan ini berlaku untuk internal Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).  

"Kepada semua Jajaran lingkup Kemendagri dan BNPP, mulai Hari ini stop minum dengan menunggunakan bahan kemasan Plastik sekali pakai dan sedotan plastik dalam setiap acara makan dan minum sehari - hari di lingkungan Kantor Kemendagri dan BNPP dan di acara apapun” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin (3/12/2018).

Memang, mustahil menghapus penggunaan kantong plastik 100 persen, tapi paling memungkinkan adalah memakai ulang plastik, mengurangi pemakaian plastik, dan mendaur ulang sampah plastik. Terpenting diperlukan regulasi dari Pemerintah untuk meredam laju penggunaan plastik.

Selama ini, larangan kantong plastik merupakan kewenangan pemerintah daerah. Namun harus juga diperkuat dengan kebijakan Pemerintah Pusat, untuk menekan penggunaan bahan kemasan plastik. 

“Mengenai sampah plastik atau bahan plastik sekali pakai, memang sebagaimana isu yang cukup kuat ini, mulai hari ini kami melarang seluruh jajaran Kemendagri untuk menggunakan bahan plastik sekali pakai,  kalau mau minum pake gelas” papar Tjahjo Kumolo. 

Berdasarkan sumber data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sampai 2017 terdapat sekitar 12,7 juta ton sampah plastik di laut. (dan)

Berita Terkait

Megapolitan / ASN Bogor Masih Menunggu THR

Nasional / Sekjen Mendagri: Tak Ada Lagi Polemik soal THR PNS

Nasional / Mendagri: Smart City Jadi Solusi Masalah PerkotaanSYAMSIAH

Nasional / Tjahjo: Kita Harus Percaya Kepada KPU

Nasional / Banyak Petugas Pemilu Wafat, Ini Kata Mendagri

Nasional / Tak Lazim, Mendagri Pelajari Mundurnya Dahlan


Baca Juga !.