Total Sport

Minta Pelatnas Jangka Panjang

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Minta Pelatnas Jangka Panjang - Total Sport

TARGET - I Gde Siman Sudartawa berharap pelatnas Jangka Panjang jelang SEA Games 2019di Manila. prsi for indopos

INDOPOS.CO.ID - Perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, berharap pemerintah menggelar pelatnas jangka panjang yang dilakukan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) menuju SEA Games 2019 Filipina. Ia tidak ingin persiapan yang singkat membuat Indonesia gagal meraih medali.

Hal ini diungkapkannya berkaca dari kegagalan Indonesia di ajang Asian Games 2018 beberapa waktu lalu. Pelatnas yang hanya berjalan tiga bulan membuat perenang Tanah Air tidak mendapat satupun medali di Asian Games.

"Waktunya hanya tiga bulan, sedangkan negara-negara lain persiapannya bertahun-tahun. Kita tidak bisa bilang 'oh pelatnas di luar negeri, 3 bulan', tidak bisa. Tapi berapa lama kita persiapan ke sana," kata Siman saat ditemui di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (3/12).

Lebih lanjut, Siman mencontohkan, bagaimana Indonesia melakukan persiapan panjang menuju SEA Games 2017 Malaysia. Dimana saat itu para atlet sudah menggelar pelatnas selepas gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 Jawa Barat.

Hasilnya, Indonesia berhasil membawa pulang empat emas, 11 perak, dan 10 perunggu di SEA Games 2017. Dimana keempat medali emas tersebut berasal dari Siman (50m punggung), Indra Gunawan (50m dada), Nahtaniel Gagarin (100m dada), dan Triady Fauzi Sidiq (200m individu gaya ganti).

"Bisa dilihat saat SEA Games 2017. Pada 2015 kita cuma dapat 1 emas lalu jadi 4 emas (di SEA Games 2017). Itu kan (karena) persiapannya dari habis PON langsung masuk track (program)," ucap dia.

"Bersama pelatih Grant Stoelwinder dari Australia, dia sama kita stay di Bali. Itu habis PON kita langsung track sampai SEA Games (2017) dan berhasil," imbuhnya.

Selain itu, Siman juga meminta adanya penambahan kejuaraan yang diikuti para atlet tahun depan. Tujuannya, para atlet akan semakin terbiasa dengan atmosfer pertandingan. "Sekarang kita nambah umur tapi kejuraannya yang kita ikuti makin sedikit, enggak seperti yang muda-muda lebih banyak. Kan sebenarnya lebih banyak lebih baik, apalagi di nomor 50m, lebih banyak latih tanding kan lebih bagus," paparnya. (bam)

Berita Terkait

Raket / Pelti Bidik Dua Emas di SEA Games Manila

Internasional / Filipina Ngebut Bangun Fasilitas SEA Games 2019

All Sport / Voli Bidik Kualifikasi Olimpiade


Baca Juga !.