Nasional

Kementerian ATR/BPN Serahkan 5 Ribu Sertipikat Tanah Warga Jakarta Timur

Editor: Ali Rahman

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil pada acara penyerahan 5 ribu sertipikat tanah kepada warga Jakarta Timur di Taman Cakung, Jakarta, Senin (3/12/2018). Foto: Kementerian ATR/BPN untuk INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan 5 ribu sertipikat tanah kepada warga Jakarta Timur di Taman Cakung, Jakarta, Senin (3/12/2018). Sertipikat tanah ini langsung diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada 12 orang perwakilan penerima sertipikat tanah.

“Di Jakarta sengketa tanah terjadi di mana-mana, penyebabnya karena tanah yang tidak bersertipikat. Padahal kalau masyarakat sudah pegang sertipikat enak, karena akan dapat tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki. Di sertipikat tanah ini juga tertera data-data kepemilikan yang akan menjamin keaslian pemilik,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan sambutan.

Presiden Jokowi menambahkan salah satu tugas Kementerian ATR/BPN adalah membuat masyarakat senang dengan cepat dapat sertipikat dan tugas masyarakat adalah menjaga sertipikat dengan baik karena itu barang yang berharga.

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil, yang juga hadir saat itu memberikan laporannya, di Provinsi DKI Jakarta diperkirakan terdapat 1.679.893 bidang tanah. Bidang tanah yang sudah terdaftar 1.269.549 bidang (75,57 persen) dan 410.344 bidang tanah (24,43 persen) belum terdaftar. Pada Tahun 2018 ini Provinsi DKI Jakarta mendapatkan target penyelesaian PTSL sebanyak 332.655 bidang, ditargetkan pada Tahun 2023 seluruh bidang Provinsi DKI Jakarta sudah terdaftar.
 
Adapun untuk Kota Administrasi Jakarta Timur diperkirakan terdapat 447.477 bidang tanah. Bidang yang sudah terdaftar 262.477 bidang, bidang belum terdaftar 185 ribu bidang. Pada tahun 2018 Kota Administrasi Jakarta Timur mendapat target PTSL sebanyak 140 ribu bidang, dan ditargetkan pada tahun 2019 seluruh bidang di Kota Administrasi Jakarta Timur sudah terdaftar.

“Dengan komitmen Presiden dan dukungan Pemerintah Jakarta, kita akan daftarkan semua bidang tanahnya. Kalau tahun ini warga Jakarta belum dapat sertipikat maka tahun depan akan kita sertipikatkan,” ujar Sofyan A. Djalil.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Kementerian ATR/BPN. "Atas nama Pemerintah Provinsi dan warga Ibukota Jakarta, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian ATR/BPN dan terima kasih kegiatan Penyerahan sertipikat tanah ini bisa terlaksana dengan baik dan ini menjadi kota ketiga di Jakarta yang menerima sertipikat tanah secara langsung,” ujarnya.

Penerima sertipikat tanah ini berasal dari daerah Cakung Timur, Jatinegara Kaum, Ujung Menteng, Pulo Gebang, Pulo Gadung, Pisangan Baru, Kampung Melayu, Rawa Bunga, Utan Kayu Selatan, Utan Kayu Utara, Cipinang Besar Selatan, Cipinang Muara, Duren Sawit, Pondok Kopi, Cipinang Melayu, Kebon Pala, Cilangkap, dan Lubang Buaya. (adv)

 

 

Berita Lainnya

Banner

Facebook

Twitter