Minggu, 16 Desember 2018 08:08 WIB

Headline

Industri Penerbangan Butuh Banyak SDM

Redaktur: Dani Tri Wahyudi

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono (kedua kanan) di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (6/12/2018). Foto: Deri/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Industri penerbangan di Indonesia, tumbuh dengan pesat. Baik itu jumlah penumpang maupun kargonya. Bahkan saat ini pemerintah juga banyak membangun Bandar Udara di seluruh Indonesia.

"Pertumbuhan angkutan udara cukup tinggi. Jumlah penumpangnya naik 10 persen. Kargo lebih banyak lagi. Pesatnya pertumbuhan industri tersebut, selain membutuhkan peralatan juga SDM," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono, di acara Aviation Goes to School yang digelar di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Lebih lanjut ia mengatakan, dunia penerbangan tidak hanya membutuhkan pilot. Namun juga kru, ahli teknik pesawat udara, air traffic controller, ahli Bandar udara dan lain-lain. "Jadi peluang bekerja di industri dunia penerbangan sangat tinggi.

Sangat menjanjikan. Kita juga punya industri penerbangan. Bandar udara juga ada industrinya," jelas Nur Isnin. Kementerian Perhubungan juga memiliki sekolah. Yakni untuk mendidik siswa memiliki kemampuan vokasi. Pendidikannya 30 persen teori dan 70 persen praktek. Sekolah vokasi sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Lulusannya link and match dengan kebutuhan industri.

Disinggung soal kegiatan Aviation Goes To School, Nur Isnin mengatakan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan dunia penerbangan kepada gernerasi muda sedini mungkin. Supaya menimbulkan ketertarikan dan kecintaan terhadap dunia penerbangan. Kegiatan Aviation Goes To School yang diikuti oleh sekitar 400 peserta dari SMA se-Jabodetabek.

"Acara ini merupakan rangkaian program Kampanye Keselamatan yang dicanangkan Kemenhub," pungkasnya. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #penerbangan #sdm #aviation-goes-to-school #smesco 

Berita Terkait

Targetkan 40 Akademi Komunitas Berbasis Ponpes

Nasional

Guru Honorer Bisa Gigit Jari

Nasional

Presiden Ingin Guru Jadi Kunci Pembangunan SDM

Nasional

IKLAN