Minggu, 16 Desember 2018 08:34 WIB

Nasional

Penelitian Mahasiswa FKUI Raih Apresiasi di Korea Selatan

Redaktur: Ahmad Nugraha

HARUMKAN NAMA KAMPUS - dr Putra Rizki mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.FOTO:Humas UI

INDOPOS.CO.ID - Mahasiswa peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Putra Rizki, memenangkan Travel Grant Awards dari kompetisi ilmiah internasional Hypertension Seoul 2018 yang diselenggarakan pada 9-10 November 2018 lalu di Conrad Hotel, Seoul, Korea Selatan.

Putra membawakan karya ilmiah berjudul “Prevalence Hypertension among Collegiate Athlete” pada kategori Oral Presentation. Karya tersebut memaparkan gambaran kejadian hipertensi dan karakteristik atlet yang berasal dari mahasiswa Universitas Indonesia.

“Pembuatan karya ini dilatarbelakangi atas tidak adanya data mengenai hipertensi pada atlet mahasiswa. Padahal, kejadian hipertensi bisa terjadi pada atlet muda,” tutur dr. Putra.Para atlet muda ini sering dianggap sebagai orang yang paling sehat namun ternyata dapat mengalami hipertensi dan berisiko memiliki penyakit jantung di masa datang jika tidak ditangani sejak awal.

Sebagai sivitas akademika yang turut mengharumkan nama UI, maka para atlet yang juga mahasiswa UI ini harus diperhatikan kesehatannya, bahkan sejak awal mereka bergabung di unit kegiatan olahraga masing-masing.

Data atlet mahasiswa UI didapat dari pemeriksaan dan pengecekan kesehatan para atlet sebelum bertanding. Beberapa atlet yang terdeteksi memiliki tekanan darah yang cukup tinggi, dilakukan pengecekan berulang hingga didapat diagnosis hipertensi.

Hypertension Seoul 2018 merupakan konferensi internasional tahunan yang diselenggarakan oleh Korean Society of Hypertension dengan menghadirkan pembicara dari berbagai negara. Sesuai dengan namanya, fokus pembahasan pada konferensi tersebut adalah mengenai hipertensi dengan tema tahun ini yaitu “World Collaboration for Better Hypertension Control”.

Seperti konferensi ilmiah pada umumnya, para peserta diminta untuk mengirimkan abstrak terlebih dahulu. Pada konferensi tersebut, dr. Putra mengirimkan dua abstrak untuk dilombakan, masing-masing untuk oral presentation dan poster paper presentation. Membanggakan, dari 500 lebih abstrak yang masuk, kedua abstrak dr. Putra terpilih untuk dipresentasikan pada pagelaran Hypertension Seoul 2018.

“Mengikuti Hypertension Seoul 2018 ini merupakan sebuah kebanggaan bagi saya dan para pembimbing saya yaitu dr. Nora Sutarina, SpKO dan dr. Sri Nilawati, SpKO. Semoga dengan Travel Grant Awards yang kami menangkan, dapat menjadi motivasi yang memacu kami untuk menjadi lebih baik lagi,” ujar Putra. (dan)

 

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pendidikan #kampus #ui #ilmiah-internasional-hypertension-seoul-2018 

Berita Terkait

Bangun Kota Terintegrasi

Nasional

Bangun Kota Terintegrasi

Nasional

Profesi Akuntan Harus Melek Digital

Nasional

Profesi Akuntan Harus Melek Digital

Nasional

Peringati Hari Nusantara, Menlu Beri Kuliah

Nasional

Peringati Hari Nusantara, Menlu Beri Kuliah

Nasional

IKLAN