Minggu, 16 Desember 2018 08:05 WIB

Nasional

Maksimalkan Potensi Olahraga dan Akademik

Redaktur: Ahmad Nugraha

PEDULI OLAHRAGA - General Manager Lima, Rida Achmad, sosialisasi kepada mahasiswa mengenai industri olahraga saat ini.FOTO:Dhika Alam Noor

INDOPOS.CO.ID – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (BEM Uhamka) bekerja sama dengan lembaga swasta yang bergerak di bidang olahraga yakni Liga Mahasiswa (LIMA) menyelenggarakan training & workshop untuk mahasiswa.

Melalui LIMA Training and Workshop (LTW) lembaga ini konsisten untuk membangun ekosistem kampus agar dapat mandiri dan memaksimalkan potensi baik dalam bidang olahraga maupun akademik.

Kegiatan tersebut secara rutin dilakukan oleh Liga Mahasiswa setiap tahun. Program ini pertama kali dihelat pada 2016 dengan pelaksanaan di 8 kampus dan 4 kota. Pada 2017 LTW mengelami perkembangan dengan jumlah pelaksanaan yang lebih banyak yaitu 14 kampus di 8 kota. Sedangkan pada tahun ini, jumlah pelaksanaan LTW ditargetkan sebanyak 28 kampus di 11 kota pelaksana event Liga Mahasiswa.

Program ini merupakan wujud dari implementasi pilar akademik dari tiga pilar yang dimiliki Liga Mahasiswa yaitu akademik, atletik dan tanggung jawa sosial.

General Manager Lima Rida Achmad mengatakan, program LTW dilakukan Liga Mahasiswa dengan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai industri olahraga saat ini. Materi yang diajarkan kepada mahasiswa dan mahasiswi antara lain sport industry dan publication and sponsorship.

"Kami serius menjalankan program ini, karena masih banyak yang belum memahami prinsip industri olahraga. Industri olahraga Indonesia memiliki potensi yang sangat baik, marketnya sudah ada tetapi sayang tidak terkelola dengan baik. Karena itulah, kami mulai memperkenalkannya ke kampus-kampus berharap bisa membawa perubahan," ujar Rida Achmad di Jakarta, Selasa (4/12).

Pelaksanaan ini ditujukan agar ekosistem kampus setiap universitas di Indonesia dapat mandiri dan memaksimalkan potensi mereka dengan baik. Tujuan ini ditargetkan oleh Liga Mahasiswa Karena banyaknya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergantung dengan pembiyaan dari kampus sehingga mereka memiliki keterbatasan untuk meningkatkan softskill diluar kampus, terutama di bidang olahraga.

Selain itu, Liga Mahasiswa ingin mengubah paradigma olahraga Indonesia yang dinilai masih dipandangan dengan negatif, menjadi sesuatu yang baik dan memiliki potensi untuk maju.

Presiden mahasiswa Uhmka Arif Rachman menuturkan, bahwa acara ini diorientasikan Bem Uhamka untuk membuat mahasiswa semakin giat untuk berprestasi agar uhamka menjadi kampus yang mahasiswanya memiliki kapasitas.

"Bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai olahraga dan unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan meningkatkan semangat berprstasi mahasiswa," tutur Arif.

Kegiatan itu berjalan lancar karena sambutan dari kampus dan mahasiswa sangat baik mengenai program ini. Hal tersebut ditunjukan dari banyaknya kampus yang berminat menjalin kerjasama dengan Liga Mahasiswa untuk melaksanakan program tersebut dan antusiasme mahasiswa yang besar untuk hadir di setiap pelaksanaan kegiatan LIMA Training & Workshop. (dan)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pendidikan #bem-uhamka #kampus #ltw 

Berita Terkait

Bangun Kota Terintegrasi

Nasional

Bangun Kota Terintegrasi

Nasional

Profesi Akuntan Harus Melek Digital

Nasional

Profesi Akuntan Harus Melek Digital

Nasional

Peringati Hari Nusantara, Menlu Beri Kuliah

Nasional

Peringati Hari Nusantara, Menlu Beri Kuliah

Nasional

IKLAN