Minggu, 16 Desember 2018 08:07 WIB

Nasional

Penjual KTP-el Online Anak eks Kadisdukcapil di Lampung

Redaktur: Ali Rahman

Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Zudan Arif Fakhrullah. Foto: Akbar Budi Prasetia/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) berhasil mengungkap pelaku jual beli blangko KTP-el secara online.

Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pelaku penjualan blangko KTP-el tersebut dilakukan oleh anak mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulang Bawang.

"Bapaknya enggak tahu jadi tim kita sudah menemui bapaknya sudah menemui anaknya. Jadi masalahnya clear tidak ada sistem yang dijebol tidak ada yang terganggu ini tindak pidana biasa dan ini sudah tertangani tiga hari kami bisa mengungkap itu," tukasnya kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (6/12/2018).

Dia mengaku, pengungkapan penjualan blangko itu berawal dari laporan media massa nasional yang menyebut ada blanko yang dijual secara online. Pihaknya kemudian langsung menginvestigasi temuan tersebut.

"Hari Senin (2 Desember 2018, red) kami mendapat informasi dari wartawan Kompas kami lihat blangkonya, kami lihat identitas chipnya ketemu kami lacak ini di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung," kata Zudan.

Dari informasi itu kata Zudan, pihaknya melakukan kordinasi dengan perusahaan pembuat blangko dan dengan salah satu toko online yang menjual blangko tersebut sehingga mendapatkan informasi penjual belangko itu lengkap dengan alamatnya di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. (aen)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ktp-el #jual-beli-blangko-ktp-el #kemendagri-ri #zudan-arif-fakrulloh 

Berita Terkait

IKLAN