Nusantara

Puncak Musim, Waspadai Cuaca Ekstrem

Redaktur:
Puncak Musim, Waspadai Cuaca Ekstrem - Nusantara

Ilustrasi Foto

INDOPOS.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Lombok Barat mengimbau masyarakat mewaspadai iklim ekstrem saat puncak musim hujan di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Dengan mulai masuknya puncak musim hujan di NTB, perlu diwaspadai terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sertai petir dan angin kencang," tutur Plt Kepala Stasiun Klimatologi Lombok Barat Luhur Tri Uji Prayitno, di Lombok Barat, NTB, Selasa (11/12).

Ia mengatakan kondisi suhu muka laut di perairan NTB, pada dasarian I Desember menunjukkan kondisi netral cenderung menghangat. Sedang kondisi suhu muka laut di Samudera Pasifik terdapat indikasi munculnya el nino dengan intensitas lemah hingga moderat.

Analisis angin menunjukkan angin baratan sudah mulai masuk di NTB, dengan kondisi masih belum konsisten. Itu disebabkan angin baratan masih berada pada lapisan atas atmosfer. Kondisi itu megakibatkan adanya peningkatan peluang pembentukan awan hujan di NTB, yang masih bersifat ganguan cuaca lokal.

Luhur menambahkan adanya beberapa gangguan cuaca seperti tekanan rendah di utara Australia, juga menyebabkan peningkatan curah hujan dan angin kencang di wilayah NTB. ”Pergerakan Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini sedang tidak aktif berada di wilayah Afrika (phase 2),” ujarnya.

Ia juga menyebutkan peluang terjadinya curah hujan di atas 20 milimeter (mm) di NTB, pada dasarian II Desember sampai dengan dasarian I Januari relatif cukup tinggi, yaitu berkisar 70-90 persen.

Kondisi cuaca tersebut terjadi hampir di seluruh wilayah NTB, kecuali Kabupaten Lombok Barat pada dasarian I Januari berkisar 50-60 persen. Dan di atas 20 mm berkisar 70-90 persen terjadi hampir diseluruh wilayah NTB. ”Sedangkan peluang curah hujan di atas 50 mm di wilayah NTB umumnya berkisar 30-60 persen,” kata Luhur. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Gelombang Laut Enam Meter Masih Berpotensi Terjadi 

Megapolitan / Jakarta Hari ini Cerah Berawan

Headline / Jakarta Diperkirakan Berawan Sepanjang Hari

Headline / Tinggi Gelombang Laut Pantura Capai 2,5 Meter

Headline / Akhirnya Diperkirakan Hujan di Jakarta Siang Ini


Baca Juga !.