Megapolitan

Waspada, Pekan Ini Bogor Diprediksi Dilanda Angin Kencang

Redaktur: Syaripudin
Waspada, Pekan Ini Bogor Diprediksi Dilanda Angin Kencang - Megapolitan

CUACA BURUK - Petugas mengevakuasi angkot yang tertimpa pohon tumbang di Lawanggintung, Bogor Selatan, Kota Bogor akibat hujan lebat. Foto : Fikri Habibullah/RADAR BOGOR/JPG

INDOPOS.CO.ID - Memasuki puncak musim penghujan yang jatuh akhir Desember 2018 hingga Februari 2019, warga Kota Bogor dan Kabupaten Bogor diminta waspada. Pasalnya, ada potensi besar hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono R Prabowo mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan. Ancaman cuaca buruk itu bakal melanda Bogor dalam satu pekan ke depan.

Berdasarkan pantauan BMKG beberapa hari terakhir, mulai tampak aktivitas massa udara dingin dari Asia (Monsun Dingin Asia) yang signifikan. Sehingga dampaknya memengaruhi peningkatan curah hujan di Tanah Air.

”Seminggu ke depan diprediksi adanya aliran massa udara basah yang menjalar dari bagian Barat Samudera Hindia menuju Indonesia bagian Barat yang dikenal dengan fenomena Madden Julian Oscil lation (MJO),” beber Prabowo.

Selain itu, sambung dia juga, tingginya aktivitas gangguan tropis berupa sirkulasi dan pertemuan angin dinilai bisa menyebabkan dan meningkatkan potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Kejadian itu diprediksi bakal terjadi di beberapa provinsi di Indonesia, khususnya Sumatera dan Pulau Jawa.

”Selain provinsi di Sumatera dan Jawa, diperkirakan Bali dan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah serta wilayah Maluku juga akan berpotensi hujan lebat pada periode ini,” ujarnya lagi.

Saat disinggung soal potensi terjadinya tsunami, Prabowo mengaku belum dapat memastikan. Namun, gelombang setinggi 2,5 hingga 4,0 meter diperkirakan bakal terjadi di sejumlah perairan dan laut di Tanah Air.

”Potensi gelombang tinggi diperkirakan terjadi di Perairan Utara Kepulauan Natuna, Perairan Barat Kepulauan Simeulue hingga Mentawai, Perairan Bengkulu-Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Selatan Jawa hingga Lombok,” tambahnya.

Terpisah, Forcaster Stamet Citeko Ronald C Wattimena membenarkan adanya potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang bakal melanda Bogor satu pekan ke depan.

”Bogor pasti kena dampaknya. Terutama kawasan wisata Puncak dan sekitarnya. Kejadian ini diprediksi terjadi Senin (10/12) hingga Minggu (16/12),” pungkasnya. (ogi/c/ yok/py/jpc)

 

Berita Terkait

Daerah / Bangunan Sekolah Ambruk, Siswa MTs Belajar di Tenda

Internasional / Angin Kencang Terjang Sydney, Suhu Turun Hingga 12 Derajat

Megapolitan / Angin Kencang Jadi Ancaman, KRB Ditutup Sementara

Jakarta Raya / Sejumlah Pohon Tumbang Diterjang Angin


Baca Juga !.