Tiga Kabupaten/Kota Belum Selesai Urus DPT Pemilu 2019

INDOPOS.CO.ID – Sebanyak tiga kabupaten atau kota belum menyelesaikan penyempurnaan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Tiga daerah tersebut yakni Kabupaten Manggarai, Kota Kupang dan Kota Semarang.

“Sampai dengan hari ini hampir seluruh KPU kabupaten di Indonesia 514 satker, tinggal 3 lagi yang belum menyelesaikan penetapan DPT,” ungkap Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan Azis di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

Adapun di Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur, Viryan menjelaskan, Bawaslu setempat menemukan 22 ribu data pemilih belum masuk ke dpt. Maka lembaga pengawas itu merekomendasikannya untuk segera memasukannya.

KPU sendiri lantas melakukan pengecekan data melalui verifikasi faktual terhadap 22 ribu data tersebut. “Rencananya akan selesai hari ini, baru di lanjutkan lagi rapat pleno terbuka DPTHP2 di Kabupaten Manggarai,” katanya.

Kemudian di Kota Kupang, menurut Viryan, ada 4 ribuan pemilih yang berada di lapas Kupang tidak mempunyai dokumen kependudukan sama. “Ini sedang dibahas antara KPU dan Bawaslu setempat,” katanya.

“Terakhir, di Kota Semarang sedang penyelesaian proses data,” imbuh Viryan.

Ia menegaskan, pihaknya secara terbuka menerima masukan berbagai pihak. Namun semua diperlakukan sama. “Setiap data masuk akan diverifikasi baik verifikasi pengolahan data di desa kelurahan atau verifikasi faktual,” pungkasnya. (jaa)

Komentar telah ditutup.