Headline

Tumbuhkan Semangat Bela Negara dengan Lari

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Tumbuhkan Semangat Bela Negara dengan Lari - Headline

SEHAT- Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu melepas peserta Bela Negara Run 2018 di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Foto: Dhika Alam Noor/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Pertahanan sukses melaksanakan Bela Negara Run 2018, Minggu (16/12/2018). Kegiatan rutin setiap tahun ini diikuti 2500 peserta dari seluruh wilayah Indonesia. Bela negara run dikemas dengan suasana sporty, fun, dan edukatif dengan tujuan menumbuhkan semangat bela negara.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, mengatakan setiap warga negara memiliki kewajiban bela negara, sesuai dengan Undang Undang Dasar 1945 pasal 30. Maka ini menjadi solusi jangka panjang menjaga keamanan, keutuhan, hidup bernegara dan berbangsa.

"Jadi kalau sudah pertahanan negara, nauangannya Menteri Pertahanan dan ini harus mendorong semangat bela negara mulai dari awal," ujar Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (16/12/2018).

Bahkan, perlunya pelaksanaan pendidikan bela negara karena menjadi sesuatu hal yang legal dan dipayungi konstitusi negara yang sangat kuat. "Saya sudah berkoordinasi dengan Kemendikbud, Kemenristekdikti mulai dari sekolah pendidikan kemudian untuk ormas kepemudaan dan agama," jelas Ryamizard Ryacudu

"Saya selalu berkeliling memberitahukan apa itu bela negara pada prinsipnya mencintai negara ini, tanpa pamrih apapun diberikan untuk negara ini tujuan akhirnya," tambahnya. Melalui kegiatan ini, bertujuan untuk menanamkan nilai bela negara yang harus tersosialisasikan sejak dini, mulai dari pendidikan dasar hingga dewasa karena terbukti efektif dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air. 

kategori yang dilombakan dalam kegiatan itu, yakni tingkat pelajar dan umum dengan jarak tempuh 5 km serta TNI/Polri dan umum jarak tempuh 12 km. (dan)

Berita Terkait

Nasional / Ke Seoul, Wiranto Bahas Jet Tempur

Nasional / Bukan seperti Dwi Fungsi ABRI

Daerah / Kerja Sama Indhan Belarusia Disepakati

Daerah / Menhan Didesak Jelaskan Hasil Audit BPK

Nasional / Bangun 241.441 Rumah untuk Prajurit

Nasional / Jualan Nasi Kuning Raih Anugerah Bela Negara


Baca Juga !.