Nusantara

Gunung Soputan 'Batuk-batuk' Siaga III

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Gunung Soputan 'Batuk-batuk' Siaga III - Nusantara

WASPADALAH-Aktivitas vulkanik gunung Soputan, Sulawesi Utara. Foto: BNPB

INDOPOS.CO.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan, terjadi letusan gunung Soputan, Sulawesi Utara pukul 08.57 WITA dengan tinggi abu vulkanik, 7.500 meter di atas puncak atau 9.309 meter di atas permukaan laut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, abu vulkanik berwana kelabu, hitam, tebal, tertiup angin condong ke arah selatan hingga barat daya. Lama gempa erupsi 30 menit."Aktivitas kegempaan masih tinggi dan masih tremor letusan terus berlangsung," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (16/12/2018).

Guna menghindari ancaman bahaya guguran lava dan awan panas, masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius empat km dari puncak gunung Soputan. Diimbau pula agar warga tidak berada dalam wilayah sektor arah Barat hingga barat daya sejauh 6,5 kilometer yang merupakan daerah bukaan kawah.

"Aktivitas vulkanik gunung Soputan berada pada status level III siaga," jelas Sutopo. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan. ”Mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar hujan, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng gunung Supotan seperti S. Ranowangko, S. Lawian, S. Popang dan Londola Kelewahu," tukas Sutopo.

Pukul 07.43 WITA terjadi letusan dengan tinggi kolom abu vulkanik sekitar 7.000 m dari puncak, tekanan sedang dan kuat, kolom letusan kelabu tebal, tertiup angin kearah Barat daya. (dan)

 

Berita Terkait

Indotainment / Sutopo BPNPB Ucapkan Selamat kepada Raisa

Nasional / Sutopo Purwo: Air Mengalir Karena Kebocoran

Nasional / Tanggul Jebol, 10 Rumah Rusak dan Tiga Orang Meninggal


Baca Juga !.