Kesehatan

Yuk, Senam Poco-poco Biar Sehat

Redaktur: Novita Amelilawaty
Yuk, Senam Poco-poco Biar Sehat - Kesehatan

SEHAT- Senam Poco-Poco digelar di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Foto: Iqbal/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kesehatan mahal harganya. Terlebih lagi untuk warga metropolitan. Mereka kian sadar makna sehat, terbukti yang dilakukan oleh Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) bersama Kemenpora.

Kegiatan sehat itu berupa lomba senam Poco-Poco Nusantara tingkat nasional ke-7 dan lomba senam poco-poco Guiness Award Record (GWR) memperebutkan Piala Ibu Negara di Sport Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (17/12/2018).

Ketua panitia, Brigjen Pol Victor Pudjiadi mengatakan, mendukung kegiatan Kemenpora yang bersifat kebugaran dan mengangkat kesenian dan budaya olah raga melalui senam poco - poco. Senam poco-poco merupakan jenis tarian tradisional khas Indonesia yang berasal dari Sangihe Talaud dan menjadi bagian dari kekayaan budaya Indonesia.

"Senam poco-poco menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia yang berasal dari Sangihe Talaud dengan gerakan yang mudah dilakukan. Dapat menjadi salah satu cara menyenangkan yang dapat dilakukan untuk memulai gaya hidup sehat, hal ini sejalan dengan kampanye Gerakan Indonesia Sehat," ujar Brigjen Pol Victor Pudjiadi, di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (17/12/2018).

Dikatakan Victor, penyelenggaraan lomba senam pada minggu pagi kemarin adalah bagian dari memecahkan Guinness World Records 2018 (GWR), yang diselenggarakan di sepanjang Jalan Sudirman hingga Istana Negara. "Ini juga merupakan upaya untuk membentengi karena Bangsa Indonesia sendiri memiliki olahraga senam yang menarik untuk dikenalkan kepada masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, lomba yang di gelar diikuti oleh peserta dari FOKBI, Dispora se-Indonesia, TNI-Polri, kelompok umum, kelompok profesional serta poco- poco ceria yakni kelompok tingkat PAUD dan TK.

Victor berharap semoga dengan senam poco-poco nusantara dapat menjadi kebanggaan hingga go international seperti Zumba, Gangnam Style dan lain sebagainya bisa sangat terbuka. "Saya yakin pemerintah ataupun pihak swasta akan terus mendukung senam Poco-Poco Nusantara karena menggerakkan olahraga masyarakat yang mengedepankan olahraga budaya asli nusantara. Sehingga senam poco - poco nusantara ini bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, namun ke depan perlu diperkuat terutama di sisi teknis. Karena di tahun 2019 lomba ini akan kami gelar di seluruh Indonesia," tutup Victor. (ibl)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Kemenpora Perkuat Hubungan Jepang Terkait Pertukaran Pemuda

All Sport / Kemenpora Pertanyakan Tim Monitoring KOI

All Sport / Belum Terima Gaji, Puluhan Karyawan KONI Mengadu ke Kemenpora

Kesra / Kemenpora Lindungi Sejuta Personel Olahraga

Nasional / Menpora Akui Umrah Gunakan Anggaran Kemenpora


Baca Juga !.