Jakarta Raya

Imparsial Minta Polisi Usut Kasus Penyerangan Polsek Ciracas Secara Terbuka

Redaktur: Novita Amelilawaty
Imparsial Minta Polisi Usut Kasus Penyerangan Polsek Ciracas Secara Terbuka - Jakarta Raya

BELUM DIPERBAIKI-Kondisi pasca penyerangan Markas Polsek Ciracas, Jakarta Timur. Foto: Iqbal/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Direktur Imparsial Al Araf meminta polisi harus segera mengungkap pelaku penyerangan polsek Ciracas, Selasa (11/12/2018). Kasus tersebut harus diproses secara transparan dan akuntabel sehingga diketahui kebenarannya. Penyerangan itu diduga terkait pengeroyokan anggota TNI satu hari sebelumnya. 

"Institusi Polri dan TNI harus terbuka dalam memproses ini. Jangan kemudian publik melihat ini ko terlalu berlarut larut. Maka itu kan menjadi sesuatu yang tidak baik, padahal ada proses fakta," ujar Direktur Imparsial Al Araf di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018).

Meski dalam proses penyidikan, polisi terkadang terhambat oleh mekanisme Undang Undang no. 31 tahun 1997 tentang peradilan militer.

"Jangkauan penyidikan dan penyelidikan itu terbentur dinding pengadilan militer. Jadi agak kesulitan di titik itu kepolisian untuk menjangkau sampai penyelidikan atau proses investigasi. Karena berlindung pada yuridis peradilan militer," jelas Al Araf.

Seperti contoh kasus di lembaga permasyarakatan Cebongan, Sleman Jogjakarta, 23 Maret 2013 yang menyebabkan empat orang tewas. Penyelidikannya pun dihentikan. 

"Jadi suatu kondisi yang selalu mengalami kegagalan, sebelumnya kasus lapas Cebongan atau menangani kasus lain dimana kita akan berbenturan dengan persoalan yuridis," tukas Al Araf.

Sekelompok massa menyerang Polsek Ciracas pada Selasa (11/12), sekitar pukul 22.00 WIB. Mereka disebut ingin melihat secara langsung para pelaku yang telah mengeroyok satu anggota TNI dan satu anggota Paspampres di wilayah Cibubur, Jakarta Timur, Senin (10/12/2018).

Penyerangan itu menyebabkan kantor Polsek rusak dan sejumlah anggota polisi terluka, termasuk Kapolsek Ciracas, Kompol Agus Widar. (dan)

Baca Juga


Berita Terkait

Jakarta Raya / Ini 20 Adegan Rekonstruksi Kasus Polsek Ciracas

Headline / Pembakaran Polsek Ciracas, Wiranto Tegaskan TNI-Polri Solid

Jakarta Raya / Polisi Gelar Rekonstruksi Pengeroyokan Anggota TNI Siang Ini

Headline / TNI dan Polri Buru Perusak Polsek Ciracas

Jakarta Raya / Mengerikan, Terdengar Rentetan Letusan Peluru di Polsek Ciracas


Baca Juga !.