Nasional

Inspirasi Masyarakat, Dokter Paru Kasih Sutopo Penghargaan

Redaktur: Redjo Prahananda
Inspirasi Masyarakat, Dokter Paru Kasih Sutopo Penghargaan - Nasional

Sutopo Purwo Nugroho saat menerima penghargaan dari PDPI. Foto : Humas BMKG

INDOPOS.CO.ID - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB , Sutopo Purwo Nugroho kembali mendapat penghargaan. Kali ini, prestasi diberikan oleh Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Sutopo diganjar sebagai Inspirator Terbaik 2018 bagi masyarakat Indonesia dalam bidang kesehatan yakni bagi para penyintas penderita kanker dalam melawan penyakit, terutama bagi penyandang kanker paru.

Ketua Umum PDPI , Agus Dwi Susanto mengatakan, perjuangan Sutopo melawan penyakitnya patut diapresiasi ditengah kesibukannya menginformasikan kebencanaan kepada masyarakat.

"Sutopo telah banyak menginspirasi penyintas kanker di Indonesia, khusus kanker paru. Tidak menyerah begitu saja namun tetap survive," kata dia di Jakarta, Senin (17/12/2018).

Menurut dia, jumlah penderita kanker paru di Indonesia terus meningkat. Setiap orang mempunyai risiko terkena kanker paru

Agus menjelaskan, kanker paru paling banyak didiagnosis di dunia. Kanker paru juga menjadi penyebab utama kematian akibat kanker sebesar 18,4 persen dari total kematian karena kanker.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, sepanjang tahun 2018 ini terdapat 2,1 juta kasus kanker paru baru dan 1,8 juta kematian karena kanker paru.

Dengan kata lain, Agus melanjutkan, satu dari lima kematian pada kanker terjadi akibat kanker paru. Kondisi ini tidak lepas dari tingkat kesembuhan terhitung minim, sekitar 16-18 persen saja.

Sedangkan, di Indonesia, angka itu tidak jauh berbeda. Data dari Indonesian Cancer Information & Support Center (CISC) menunjukkan kanker paru pembunuh nomor satu dengan total 14 persen dari kematian karena kanker. “Angka kematian karena kanker paru di Indonesia bahkan mencapai 88 persen,"(jaa)

Baca Juga


Berita Terkait

Daerah / Sinabung Erupsi, Waspadai Bahaya Lahar

Nasional / Selama Empat Bulan Terjadi 1.586 Bencana

Indotainment / Sutopo BPNPB Ucapkan Selamat kepada Raisa

Nasional / Dampak Akitivitas Vulkanik Gunung Karangetang 190 Jiwa Mengungsi

Daerah / Gempa 6,1 SR Guncang Nias Selatan Tidak Berpotensi Tsunami


Baca Juga !.