Raket

Perang Bintang di Kejurnas PBSI

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Perang Bintang di Kejurnas PBSI - Raket

Ilustrasi Foto

INDOPOS.CO.ID - Para pecinta bulutangkis bersiap  menyambut Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2018. Kejuaraaan ini  yang akan berlangsung di Britama Arena, Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara, untuk Divisi 1 dan Gelanggang Remaja Tanjung Priok untuk Divisi 2, pada 18-22 Desember 2018 mendatang.

Pemain top Indonesia akan berlaga membela klub yang membesarkan nama mereka. Deretan atlet seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Greysia Polii dan masih banyak lagi akan turun bertanding di sektor beregu campuran Divisi 1 pada ajang Tiket.com Kejurnas PBSI 2018.

“Secara umum persiapan sudah selesai, Tiket.com Kejurnas PBSI 2018 siap untuk dilaksanakan. Kami berharap pertandingan berjalan dengan lancar dan sukses, klub-klub yang bertanding bisa bersaing untuk meraih gelar juara dan pecinta bulutangkis dapat menyaksikan pertandingan kelas dunia di Britama Arena nanti,” ujar Ketua Panitia Pelaksana, Achmad Budiharto kepada media, Senin (17/12).

Dia mengungkapkan, kejurnas ini merupakan puncak kegiatan dengan level tertinggi, karena seluruh pemain terbaik di Indonesia akan bertanding di Kejurnas ini. "Even ini juga merupakan merupakan ajang evaluasi bagi Pembinaan atlet baik di Pusat maupun di Daerah," kata Budiharto.

Pengprov harus melaksanakan Kejurprov berbasis Sistem Informasi, dalam rangka mempersiapkan atlet atlet terbaiknya untuk bertanding di Kejurnas. 

Sudah saatnya Pengprov mempunyai Program Pembinaan berlandaskan Iptek, agar proses regenerasi berjalan efektif dan efisien. Kepada Segenap Pengurus Pusat PBSI, Panitia Pelaksana, Pengprov PBSI DKI, Rekan rekan Media dan Para Sponsor saya ucapkan terima kasih atas usaha dan upayanya menyukseskan kejuaraan ini,” kata Ketua Harian PP PBSI, Alex Tirta.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti mengatakan akan memanfaatkan hasil Kejurnas PBSI 2018 untuk memantau bibit-bibit potensial bulutangkis Indonesia.

 “Lewat Kejurnas kami harapkan bisa memantau bibit-bibit yang potensial agar lebih memudahkan kami di PBSI untuk menilai pantas tidaknya mereka bergabung di Pelatnas. Ya pastinya ada proses dari pengumpulan point dari hasil prestasi selama  satu tahun, yang puncaknya adalah di Kejurnas. Para juara di kelompok taruna divisi 1 Kejurnas ini bisa dipastikan akan dipanggil ke Pelatnas untuk diberikan kesempatan latihan bersama dan dinilai lebih lanjut dari semua kriteria. Baik fisik, teknik, karakter, disiplin, daya juang, dan lain-lain,” kata Susy.

Untuk kelompok dewasa, Kejurnas secara bergantian setiap tahunnya mempertandingan nomor perorangan dan beregu.  Tahun genap memainkan nomor beregu, sedangkan tahun ganjil untuk perorangan. Sedangkan kelas taruna U-19 setiap tahunnya mempertandingan nomor perorangan. Selain terbagi menjadi dua kelompok usia, Kejurnas juga dibagi menjadi dua divisi yaitu divisi 1 dan divisi 2. Tiga ketentuan peserta yang masuk ke divisi 1 adalah mereka yang memiliki kontribusi besar dalam mengirim atlet ke Pelatnas PBSI. Selain itu, para atlet/klub yang meraih gelar juara 1 di divisi 2 pada Kejurnas tahun sebelumnya. Serta atlet tunggal dan ganda yang memiliki rangking 30 besar, dihitung dari satu bulan sebelum kejurnas.

Divisi 1 beregu campuran dewasa akan diikuti oleh klub Jaya Raya Jakarta, Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, SGS PLN Bandung, Exist Jakarta, Berkat Abadi Banjar Baru dan PB AD Bandung. Sedangkan di divisi 2 ada Banda Baru Batam, Menang Kalah Sehat Singaraja, Elang Yogyakarta, Jaya Raya Satria Sleman, Kamajaya Merangin, ICLI Gowata Sungguminasa, Tunas Jaya Kasturi Jambi, PBSI Pangkal pinang dan Sentra Banjarmasin. Sementara itu untuk kelompok taruna U-19, divisi 1 taruna diisi oleh pemain asal DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. 

Pada 2016 lalu, Kejurnas beregu campuran dewasa divisi 1 dimenangkan oleh Djarum Kudus. Klub asal Jawa Tengah tersebut berhasil mengalahkan Jaya Raya Jakarta dengan skor 3-0.

Ihsan Maulana Mustofa, atlet tunggal putra Djarum Kudus, merupakan penyumbang poin kemenangan untuk Djarum Kudus tahun 2016 lalu. Sebagai salah satu andalan Djarum Kudus, Ihsan berharap bisa mempertahankan gelar untuk klub yang membesarkan namanya tersebut. 

“Harapannya semoga tahun ini Djarum bisa kembali juara seperti tahun 2016. Target pribadi saya ingin main bagus saja. Berusaha menyumbangkan poin untuk tim,” kata Ihsan.

Muhammad Rian Ardianto, atlet ganda putra asal klub Jaya Raya Jakarta, pun tak mau kalah semangat untuk mengantarkan timnya menjadi juara tahun ini. “Saya berharap bisa membawa Jaya Raya juara Kejurnas kali ini. Targetnya buat saya sendiri ingin menyumbang poin kalau dikasih kepercayaan main. Harus optimis dan yakin dulu. Masalah menang apa kalah itu urusan belakangan,” ujar Rian.

Tiket.com untuk pertama kalinya akan menjadi sponsor utama Kejurnas. Chief Marketing Officer & Co-Founder Tiket.com, Gaery Undarsa berharap melalui turnamen ini dapat menjadi penyemangat untuk para atlet bulutangkis agar bisa terus berkarya. “Sebagai salah satu perusahaan asli Indonesia, Tiket.com juga turut bersemangat menjadi bagian dari perhelatan kejuaraan nasional yang diselenggarakan oleh PBSI ini. Karena melalui kejuaraan ini, bisa menjadi jembatan sekaligus penyemangat untuk para atlet bulutangkis agar bisa terus berkarya menunjukan kepada Indonesia dan di mata dunia bahwa negara ini punya banyak talenta-talenta terbaik dalam bulu tangkis. Saya berharap melalui penyelenggaraan pesta olahraga ini, bisa menjadi momentum pemersatu bangsa dengan selalu menjunjung tinggi nilai sportifitas,” kata Gaery.

Bagi pecinta bulutangkis yang ingin menyaksikan langsung pertandingan beregu dewasa dan perorangan taruna U-19 divisi 1, dapat membeli tiket secara langsung di arena pertandingan sesuai jadwal yang diinginkan. Tiket box akan dibuka pukul 06.30 WIB, setiap hari mulai tanggal 18-22 Desember 2018 di Britama Arena, Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sementara untuk beregu dewasa dan perorangan divisi 2 akan bertanding di Gelanggang Remaja, Tanjung Priok, Jakarta dan dapat disaksikan secara gratis tanpa tiket masuk. Selain dapat disaksikan secara langsung, laga Tiket.com Kejurnas 2018 juga akan ditayangkan di TVRI mulai tanggal 20-22 Desember 2018, pukul 13.00 WIB. (bam)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Bulutangkis / Angga-Rian Menang, Jaya Raya Ungguli Mutiara Cardinal


Baca Juga !.