Liga Inggris

Juergen Klopp Pecat Jose Mourinho

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Juergen Klopp Pecat Jose Mourinho - Liga Inggris

Jose Mourinho.

INDOPOS.CO.ID – Manchester United akhirnya tidak sabaran dengan realitas prestasi di bawah arahan pelatih kondang Jose Mourinho. Setelah MU ditebas 1-3 di Stadion Anfield Minggu lalu, klub berjuluk Setan Merah itu akhirnya menjatuhkan palu godam kepada pelatih asal Portugal itu. MU memecat Mourinho. 

Pemecatan itu sebetulnya bukanlah hal yang mengejutkan. Ini karena di papan klasemen MU tidak masuk dalam kategorisasi kesebelasan pilih tanding. Setelah Merah kini berada di peringkat enam. Realitas ini menunjukkan MU secara tidak langsung menjadi klub medioker. Status sosialnya tidak lebih baik dari Everton atau klub-klub medioker Inggris lainnya.

Seribu satu masalah memang menghinggapi United pada musim kompetisi kali ini. Ada dua Dua persoalan paling besar yang dihadapi MU dalam musim kompetisi kali ini. Pertama, hasil akhir pertandingan yang amat buruk. Kedua, suasana ruang ganti yang tidak menyenangkan. Mourinho berulangkali terlibat perseteruan dengan pemainnya sendiri. Yang paling kentara adalah perseteruannya dengan gelandang asal Prancis, Paul Pogba. Dalam beberapa pertandingan terakhir, misalnya, Pogba hanya termangu dan duduk manis di bangku pemain cadangan. Kekalahan dari Liverpool pada Minggu lalu menjadi pemicu perpisahan MU-Mou. Kala itu, MU kalah 1-3. Realitas ini membuat manajemen MU habis kesabaran. Karena itu, The Guardian, misalnya, mengatakan, sejatinya, pelatih  Liverpool Juergen Klopp yang memecat Mourinho.

Menurut koran itu, Mourinho dipecat dari jabatannya tak sampai 48 jam setelah Liverpool memenangkan pertandingan berat sebelah 3-1 di Anfield untuk laga pekan ke-17 Liga Inggris.

Tentu saja kekalahan itu bukan satu-satunya alasan Mourinho kehilangan pekerjaannya. Sebab, sepanjang musim ini, walaupun lolos dari fase penyisihan grup Liga Champions, hasil pertandingan klub itu memang sangat minim. Namun, kekalahan dari kubu besutan Klopp dalam laga yang kerap dikenal sebagai Derby Barat Laut Inggris itu seolah menjadi batas toleransi kesabaran manajemen United.

Kini, United terdampar di urutan keenam dengan koleksi 26 poin, terpaut delapan poin dari peringkat kelima Arsenal (34). Fakta inilah yang kian menyulitkan mereka mencapai ambisi empat besar. Yang menarik, ini bukan kali pertama Klopp berperan terhadap nasib Mourinho.
Tiga tahun silam, Mourinho juga dipecat dari kursi pelatih Chelsea pada 17 Desember 2015, hanya beberapa pekan setelah mereka menelan kekalahan 1-3 melawan Liverpool yang kala itu baru ditangani Klopp selama beberapa pekan.

Berbanding terbalik dengan kali ini, Klopp dan Liverpool menjadi faktor kesekian dari pemecatan Mourinho yang terjadi setelah dua kekalahan beruntun melawan Bournemouth dan Leicester City. Sebelumnya, pada 2013,  Klopp juga turut andil membuat Mourinho kehilangan pekerjaannya sebagai pelatih Real Madrid. Kala itu, Klopp bersama Borussia Dortmund sukses menyingkirkan Madrid di semifinal Liga Champions, sebelum kemudian Mourinho berpisah dengan raksasa Eropa tersebut di pengujung musim.

Dari Manchester dilaporkan, Manchester United sudah menyampaikan terima kasih kepada Mourinho atas tugas yang telah dilakukannya sebagai manajer/pelatih kepala klub itu. MU berharap Mourinho sukses di masa mendatang. Seorang pengganti sementara Mourinho akan ditetapkan untuk menyelesaikan sisa tugas musim ini. (koc/ant)

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Bola Dunia / Jangan Sesumbar Dulu, Klopp


Baca Juga !.