Headline

Diduga Ini Penyebab Jalan Gubeng Amblas

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Diduga Ini Penyebab Jalan Gubeng Amblas - Headline

GALIAN - Proyek basement ini yang diduga sebagai penyebab Jalan Gubeng Amblas. FOTO: JPNN

INDOPOS.CO.ID - Hingga saat ini belum ada penjelasan resmi apa penyebab Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur,  amblas pada Selasa (18/12) malam.Namun, sudah muncul dugaan amblasnya jalan tersebut berkaitan dengan proyek basement Rumah Sakit Siloam. Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana juga mempunyai dugaan serupa. Menurutnya, terjadi erosi tanah yang diakibatkan pembangunan basement. "Saya punya beberapa dasar untuk meyakini hal itu," ujar Wisnu Selasa (18/12/2018) malam.

Salah satu dasar dari pernyataan itu berasal dari pantauan di lokasi kejadian. Wisnu memantau aspal dan tanah di sana tertarik sekitar 50 meter ke arah lokasi pembangunan. Selain itu, Dinas PU Bina Marga juga sudah memberikan peringatan kepada pelaksana proyek. Pondasi basement tersebut bentuknya letter U. Seharusnya basement dibangun melingkar. "Memang (pondasi letter U) membuat kiri dan kanan bangunan aman, tapi tidak dengan jalan," imbuhnya.

Meskipun demikian, Pemkot Surabaya tidak akan berspekulasi dini. Penyelidikan penyebab amblasnya jalan tersebut akan menjadi wewenang pihak kepolisian. Untuk sementara, fokus pemkot adalah merehabilitasi Jalan Raya Gubeng. Namun Wisnu juga menyadari, rehabilitasi akan memakan waktu yang lama. "Kerusakan seperti ini tidak bisa cepat direhabilitasi," ungkapnya.

Terkait dengan proyek basement tersebut, polisi juga sadar sepenuhnya. Salah seorang perwira polisi di lokasi juga membenarkan bila ada kemungkinan amblasnya jalan disebabkan pembangunan basement. "Memang saat ini fokusnya di proyek basement itu. Karena lokasinya persis di sebelah jalan. Ini tadi pimpinan juga sudah memantau dekat proyek itu," ucapnya.

Hingga Rabu (19/12) dini hari, Manager Communication Rumah Sakit Siloam belum bisa dihubungi untuk menanyakan terkait proyek basement tersebut. (jpnn

Berita Terkait

Politik / Waduh...8.146 TPS di Surabaya Bermasalah

Headline / Ini Cara BUMN Memperingati Hari Pahlawan

Hukum / Masyarakat Diuntungkan CSR Sipoa Grup


Baca Juga !.