Total Sport

BAM Nilai Pasangan Terbaik

Redaktur: Riznal Faisal
BAM Nilai Pasangan Terbaik - Total Sport

TETAP BERTANDING-Ganda campuran Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (bwfbadminton.com)

INDOPOS.CO.ID - Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) baru saja kehilangan salah satu aset terbesar mereka, pasangan ganda campuran Chan Peng Soon/Goh Liu Ying yang memilih mundur dari tim nasional Malaysia.

Pelatih kepala ganda campuran timnas Malaysia Pang Cheh Chang menuturkan Peng Soon/Liu Ying adalah pasangan ganda campuran terbaik yang pernah dimiliki Malaysia dalam sejarah.

Dipasangkan pertama kali tahun 2009, Peng Soon/Liu Ying total sudah mempersembahkan 10 gelar juara untuk Negeri Jiran. Salah satu pencapaian terbaik mereka adalah medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Meski tidak meraih medali emas, belum ada pemain ganda campuran Malaysia yang bisa menorehkan hasil yang fantastis tersebut. Cheh Chang pun tidak bisa menahan rasa sentimental dalam dirinya.

“Rasanya baru kemarin ini saya pasangkan mereka berdua. Sekarang, saya sudah melepas mereka,” kenangnya, dilansir thestar.com.

Cheh Chang menuturkan, Peng Soon/Liu Ying awalnya dipasangkan karena BAM ingin ada wakil dari sektor tersebut yang bisa ikut berkompetisi di Olimpiade London 2012.

“Waktu itu, belum ada departemen khusus untuk menangani pemain ganda campuran,” ujar Cheh Chang.

Pemain-pemain ganda campuran sebelum Peng Soon/Liu Ying adalah pemain dari ganda putra dan ganda putri yang kami pasang-pasangkan begitu saja tanpa ada pelatihan khusus.

“Kami ingin Malaysia punya pasangan ganda campuran yang tangguh. Jadi, bisa dibilang Peng Soon/Liu Ying adalah pasangan spesialis ganda campuran pertama Malaysia,” ungkapnya.

Kombinasi Peng Soon/Liu Ying ternyata melebihi ekspektasi Cheh Chang. Mereka berhasil lolos kualifikasi Olimpiade London 2012 dan mulai diwaspadai para pemain kelas dunia lainnya.

“Mereka memang kalah di babak awal di London, tapi mereka memperbaiki penampilan dengan meraih medali perak di Rio,” ujar Cheh Chang.
Cheng Chang menuturkan, jasa Peng Soon/Liu Ying untuk Malaysia tidak hanya sebatas gelar saja.

“Mereka punya peran besar dalam membantu para pelatih dalam membangun tim ganda campuran yang tangguh. Saat ini, Malaysia bisa punya pemain-pemain hebat di sektor ganda campuran. Semua berkat mereka. Mereka sangat berjasa," puji Cheh Chang.

Karenanya, Cheh Chang sama sekali tidak melarang Peng Soon/Liu Ying saat keduanya menghampirinya untuk meminta izin keluar dari timnas. “Saat itu juga saya langsung menyetujui keputusan mereka. Jasa mereka untuk bulu tangkis dan negara sudah sangat banyak.

Peng Soon sudah berusia 30 tahun, dan Liu Ying 29 tahun. Mereka sudah dewasa untuk menentukan langkah mereka sendiri. Sebagai perwakilan dari BAM, saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada mereka,” ujar Cheh Chang.

Kabar baik untuk para penggemar pasangan ganda campuran Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Meski sudah menyatakan keluar dari tim nasional bulu tangkis Malaysia, keduanya sudah dikonformasi belum berniat gantung raket. Mereka masih akan berjuang untuk masuk kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Hal ini disampaikan oleh manajer klub bulu tangkis Ampang Jaya Badminton Club (AJBC) Ho Khek Mong yang merupakan klub tempat Peng Soon bernaung saat ini.

Dilansir dari thestar.com, Khek Mong menuturkan pihaknya berniat membantu Peng Soon/Liu Ying merealisasikan mimpi mereka meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 melalui jalur profesional independen. (kar/net)

Berita Terkait

Raket / Tim Tunggal Putra Digadang Juara di Piala Sudirman

Raket / The Minions Melihat Persaingan di Ganda Pria

Raket / Ini Kata Tommy setelah Tumbang oleh Lu Guangzu

Raket / Wus, Tommy Mulus


Baca Juga !.