Liga Inggris

Kembalikan Sentuhan Magis Fergie

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Kembalikan Sentuhan Magis Fergie - Liga Inggris

Mike Phelan. Fot : BEN HOSKINS/GETTY IMAGES

INDOPOS.CO.ID - Memori kebesaran Sir Alex Ferguson seolah kembali ke Manchester United seiring dipilihnya Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih pengganti Jose Mourinho. ”Romansa” itu semakin lengkap seiring kembalinya mantan tangan kanan Fergie, sapaan akrab Ferguson, Mike Phelan.

Ya, Phelan balik ke United setelah lima tahun lalu tidak dipertahankan pengganti Fergie, David Moyes. Setelah meninggalkan Old Trafford, Phelan sempat menjadi  pelatih karteker di Norwich City (2015) dan menangani Hull City musim 2016– 2017. 

“Sungguh satu kesalahan besar United melepaskan Mike (Phelan). Dia seseorang yang sangat tahu bagaimana mendorong potensi setiap pemain,” kata Sir Alex lima tahun lalu seperti dikutip The Telegraph.

Mirror pada Oktober lalu menulis jika Phelan adalah sosok yang dipasrahi Sir Alex untuk mengasah Cristiano Ronaldo 13 tahun lalu. Atau ketika Ronaldo didatangkan dari Sporting Lisbon musim panas 2003.

Phelan dalam wawancara dengan Mirror berkata talenta Ronaldo saat itu memang sudah ada. Namun kemampuannya masih 'mentah' dan Ronaldo belum memahami bagaimana memaksimalkan talentanya.   “Saya sudah tahu kalau dia (Ronaldo, red.) akan jadi bintang. Salah satu ciri yang paling terlihat dalam dirinya adalah kemauannya belajar sangatlah keras,” tutur Phelan kepada Mirror.

Pria 56 tahun itu kemudian melakukan drill kepada Ronaldo seperti kemampaun umpan satu-dua, umpan sekali sentuh, membuka ruang, dan memaksimalkan kecepatan.  Sementara itu, Daily Mail menulis kalau status Phelan di United ini sama dengan Solskjaer. Yakni pinjaman. Phelan saat ini adalah Direktur Olahraga klub Australia Cetral Coast Mariners. Kontrak Phelan sebagai asisten juga hanya musim 2018-2019 berakhir.

“Kembali untuk sementara dengan posisi kepelatihan di United sangatlah menyenangkan. Bagi Mariners ini juga langkah positif karena punya relasi baik dengan United,” tutur Phelan. (koc)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.