Politik

Kasus Anies Dilimpahkan ke Bawaslu Bogor

Redaktur: Ali Rahman
Kasus Anies Dilimpahkan ke Bawaslu Bogor - Politik

Ketua Bawaslu Abhan (tengah) memaparkan perkembangan terbaru kasus penanganan dugaan pelanggaran. Foto: Jaa Rizka Pradana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Abhan menyatakan, kasus dugaan pelanggaran yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah dilimpahkan ke Bawaslu Kabupaten Bogor.

"Laporan dilimpahkan ke Bawaslu Kabupaten Bogor karena peristiwa terjadi di wilayah Bogor, Jawa Barat," ujar Abhan di Kantor Bawaslu jalan MH.Thamrin Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Anies dilaporkan oleh Adi Prakoso dari Barisan Advokat Indonesia. Dalam pokok laporan, bekas Mendikbud itu diduga mengacungkan salam dua jari yang merupakan simbol paslon Prabowo - Sandiaga Uno.

Abhan menjelaskan, perbuatan itu dilakukan Anies saat menyampaikan pidato pada kegiatan Konferensi Nasional Partai Gerindra di Bogor tanggal 17 Desember 2018.

"Perbuatan Anies diduga sebagai tindakan pejabat negara yang menguntungkan salah satu calon peserta pemilu," kata Abhan membacakan pokok laporan.

Sementara itu, kehadiran Anies di acara Gerindra sebenarnya telah mengantongi izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Sumarsono menyebut Anies tak masalah menghadiri acara tersebut. Akan tetapi menurutnya, yang menjadi masalah ialah ketika mantan rektor Universitas Paramadina itu mengacungkan salam dua jari.

"Dalam hal ini, kesalahan lebih pada mengacungkan dua jari, tanda kampanye Prabowo-Sandi. Harusnya diam," kata Sumarsono, Selasa (18/12/2018). (jaa)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.