Nasional

Program Adiwiyata Harus Jadi Gerakan Nasional

Editor: Dani Tri Wahyudi

APRESIASI- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menghadiri penyerahan dan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional 2018 di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta. Foto: DHIKA/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meminta, warga sekolah untuk mewujudkan perlindungan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Sesuai dengan program adiwiyata. 

Pernyataan itu disampaikannya dalam penyerahan dan penghargaan adiwiyata mandiri dan nasional 2018 di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Jumat (21/12/2018). Program Adiwiyata merupakan aksi pendidikan lingkungan hidup. Pendididikan lingkungan hidup merupakan suatu proses, untuk membangun populasi manusia di dunia yang sadar dan peduli terhadap lingkungan. 

"Saya ucapkan terima kasih, hari ini sesuai dengan pengertian adiwiyata yakni tempat yang ideal seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam kehidupan sosial terutama bidang lingkungan hidup dan kehutanan," ujar Siri Nurbaya di kantornya, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Maka itu program adiwiyata ini diharapkan bukan hanya merupakan sebuah ativitas biasa. Tapi lebih menekankan pada pembinaan untuk mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. "Bangkit dalam kedasaran sekaligus lomba kesadaraan. bangkit sekolah partisipasi peduli kebudayaan lingkungan hidup dan tetap memiliki prestasi akademik. Nantinya kita kembangkan, bersama kita lakukan program adiwiyata ini kita jadikan gerakaan nasional," jelas Siti Nurbaya. 

Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional ini telah dilaksanakan ke 13 kalinya, sejak pelaksanaan pertama tahun 2006 yang lalu. Tahun 2018, terdiri 875 sekolah (784 sekolah negeri dan 91 sekolah swasta) di 273 kota/kabupaten 32 propinsi  yang diusulkan oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional. (dan)

Berita Lainnya kan