Prinsip Adiwiyata Penting untuk Membangun Karakter agar Mencintai Lingkungan Hidup

INDOPOS.CO.ID – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, pentingnya menerapkan prinsip Adiwiyata untuk mengedepankan nilai-nilai pendidikan dan membangunan karakter peserta didik agar mencintai lingkungan hidup. Sehingga mewujudkan sekolah berbudaya lingkungan.

“Kita melindungi alam kita dan itu kita lakukan, mulai dari usia sekolah jadi keterlibatan siswa itu menjadi contoh sebetulnya bahwa generasi muda pendorong sangat baik mengawali kesadaran perlunya kualitas lingkungan yang lebih baik,” ujarnya di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Tentu warga sekolah juga musti terlibat dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan perannya. Demi menjaga lingkungan. 

“Saya senang sekarang sudah ada 3871 sekolah yang mendapat predikat sekolah adiwiyata mandiri dan nasional. Artinya ada puluhan ribu atau ratusan ribu orang yang terlibat dalam upaya perlindungan pengelolaan lingkungan. Baik guru murid maupun warga sekolah lain dan masyarakat disekitar,” ungkap Siti Nurbaya. 

Maka itu pihaknya mengajak banyaknya sekolah adiwiyata, lebih sistematis untuk meningkatkan peran nyata dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan. Dari total jumlah sekolah yang mendapat adiwiyata terbagi dalam 727 sekolah adiwiyata mandiri dan 3144 sekolah nasional.

“Inilah yang nanti bukan hanya untuk dinilai, tapi kita tingkatkan lebih nyata lagi. Bahkan setiap sekolah adiwiyata saya sudah tahu karena saya sudah lihat banyak aksi yang sudah dilakukan di situ. Saya sudah lihat contohnya yang bagus bagus juga terakhir di Surabaya,” terang Siti Nurbaya. 

Adapun empat komponen dalam program adiwiyata antara lain, kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. (dan)

Komentar telah ditutup.