Headline

Korban Tsunami Selat Sunda Terus Bertambah

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Korban Tsunami Selat Sunda Terus Bertambah - Headline

PANTAI-Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.FOTO:IST

INDOPOS.CO.ID - Badan Nasional Penanggulangan Nasional (BNPB) memperbarui jumlah korban terdampak bencana tsunami Selat Sunda khususya daerah Pandenglang, Lampung Selatan, dan Serang telah mencapai 168 korban meninggal dunia. 

Korban luka luka mencapai 745, sementara 30 orang hilang. 556 unit rumah rusak, 9 hotel rusak berat, 60 warung rusak, dan perahu 350 rusak. Selain itu puluhan kendaraan baik roda empat atau roda dua yang mengalami kerusakan.

"Data ini kemungkinan akan terus bertambah, mengingat belum semua daerah yang terdampak tsunami terdata dengan baik," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya di Jogjakarta, Minggu (23/12/2018).

Daerah yang terdampak adalah permukiman dan kawasan wisata di sepanjang Pantai seperti Pantai Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, Penimbang dan Carita. Saat kejadian banyak wisatawan berkunjung di pantai sepanjang Pandeglang.

Penanganan darurat terus dilalukan. Status tanggap darurat dan struktur organisasi tanggap darurat, pendirian posko, dapur umum dan lainnya masih disiapkan. Alat berat juga dikerahkan untuk membantu evakuasi dan perbaikan darurat.

"Masyarakat dihimbau tidak melakukan aktivitas di sekitar pantai saat ini. BMKG dan Badan Geologi masih melakukan kajian untuk memastikan penyebab tsunami dan kemungkinan susulannya," jelas Sutopo. BNPB masih terus mendata jumlah korban dan kerusakan. Menurut dia, kemungkinan jumlah korban dan kerusakan akan terus bertambah.

Tsunami terjadi, Sabtu, 22 Desember sekitar pukul 21.27 WIB. Tsunami tersebut diduga akibat dari aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau. (dan)

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / Terancam Puso,Puluhan Ribu Hektar Sawah Siaga Satu

Headline / Inilah 55 Kabupaten dan Kota Siaga Darurat Kekeringan

Nasional / 55 Kabupaten/Kota Siaga Darurat Kekeringan

Headline / BNPB Sebut Kekeringan Landa Tujuh Provinsi di Indonesia

Daerah / NTB Pasang 80 Titik Rambu Jalur Evakuasi Tsunami

Headline / Pesan Sutopo: Menangislah!


Baca Juga !.