Banten Raya

Puskesmas dan Koramil Tampung Korban Tsunami

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Puskesmas dan Koramil Tampung Korban Tsunami - Banten Raya

MONITOR - Gubernur Banten Wahidin Halim meninjau penanganan korban tsunami. FOTO: SUMBER GINTING/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten mendirikan posko-posko penanggulangan di lokasi bencana tsunami Banten. BPBD mengevakuasi korban ke sarana kesehatan (puskesmas) terdekat. Selain itu, Markas Komando Rayon Militer (Koramil) juga disulap menjadi lokasi penampungan dan pengobatan korban bencana tsunami.

Gubernur Banten Wahidin Halim memerintahkan aparatur Pemprov Banten, untuk benar-benar mempersiapkan, penanggulangan bencana secara cepat. ”Apabila di BPBD Provinsi Banten masih kurang, kita langsung minta bantuan ke pusat melalui BNPB, “ kata Wahidin Halim, Senin ( 24/12/2012)

Gubernur mengatakan, sejak Sabtu malam pihaknya langsung memerintahkan kepada seluruh ASN di Lingkungan Pemprov Banten, untuk cepat tanggap melakukan penanggulangan bencana tersebut. Gubernur juga menghimbau masyarakat untuk tetap tenang namun waspada.  Selain itu, gubernur juga menghimbau masyarakat untuk tidak percaya dan menelan mentah-mentah dan menyebarluaskan informasi yang tidak jelas sumbernya. ”Saya himbau masyarakat untuk tidak percaya dan menelan mentah -mentah informasi yang tidak jelas sumbernya, “ pinta Guburnur yang akrab disapa WH itu.

Adapun beberapa puskesmas yang saat ini menjadi tempat penampungan dan pengobatan korban bencana tsunami di Pandeglang yaitu Puskesmas  Sumur, Ciguelis, Cibaliung, Panimbang, Labuan, Carita, Jiput, Menes, dan Mandalawangi. Untuk Kabupaten Serang  yaitu Puskesmas Cinangka, dan Koramil Cinangka.

Korban yang berada di wilayah Tanjung Lesung dan Sumur ditampung di Puskesmas Cigeulis, Cibaliung, Sumur, dan Panimbang. Korban dari wilayah Carita dan Labuan, ditampung di Puskesmas Jiput, Puskesmas Labuan, Carita, Mandalawangi dan Menes.

Sedangkan, korban yang berasal di wilayah Anyer ditampung di Puskesmas Cinangka, dan Koramil Cinangka. Apabila tidak tertangani dirujuk ke RSUD Cilegon dan RS Krakatau Medika Cilegon. Dan, korban bencana yang berada di pulau Sangiang ditampung di RS Krakatau Medika Cilegon.

Untuk para korban yang memerlukan penanganan khusus dengan luka yang cukup berat, korban dibawa dari wilayah Kab Pandeglang dirujuk ke RSUD Berkah Kab Pandeglang.

Bila tidak bisa tertangani segera dirujuk  RSUD Banten di Kota Serang, RSUD Drajat Prawiranegara di Kota Serang dan RS Sari  Asih di Kota Serang.  Sedangkan, dari Anyer langsung dirujuk ke RSUD Drajat Prawiranegara di Kota Serang. (gin)

Berita Terkait

Banten Raya / Kali Ketiga, Pemprov Banten Dapat Opini WTP

Banten Raya / Wahidin Ancam ASN dan Pejabat Malas

Headline / Dendam Saya, Warga Banten Dapat Pendidikan Layak Gratis

Megapolitan / Selama Ramadan, ASN di Banten Masuk Kerja Pukul 06.00 Subuh

Headline / Merangsang Sensitivitas Birokrat


Baca Juga !.