Bola Dunia

Leicester City vs Manchester City

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Leicester City vs Manchester City - Bola Dunia

LUPAKAN MEMORI BURUK - Sergio Aguero menjadi andalan Manchester City saat bentrok dengan Leicester City di Stadion King Power, Leicester, malam ini. SQUAWKA

INDOPOS.CO.ID – Manchester City sudah pernah terperosok dalam jebakan Leicester City, 2015-2016 silam. Leicester pun klub dari luar enam besar pertama di Premier League yang menekuk City saat era Pep Guardiola tiga musim lalu. Nah, jebakan itu yang disiapkan Leicester di King Power Stadium, Leicester, malam nanti WIB (siaran langsung beIN Extra pukul 22.00 WIB).

Apalagi, The Foxes sebagai si empunya stadion sudah gatal menjegal klub-klub dari big four Premier League. Kasper Schmeichel dkk membekuk Chelsea di Stamford Bridge, London, untuk kali pertama pada Premier League, Sabtu malam WIB (22/12). ''Kami ingin mengganggu raksasa lainnya,'' kata tactician Leicester Claude Puel, dikutip Leicester Mercury.

Musim ini, baru Chelsea klub papan atas yang tertunduk di depan Leicester. Meski, City juga hampir gagal mendulang kemenangan dalam perempat final Piala Liga 2018-2019 di King Power, 19 Desember. City hanya mampu memenangi laga melalui adu penalti 3-1 setelah cuma main 1-1 dalam waktu normal.

"Mereka (City) hanya menang lotere. Mereka lebih beruntung. Tetapi, tidak untuk Selasa itu (malam nanti WIB),'' tambah tactician anyar Leicester itu. Juara Premier League 2015-2016 itu menghindari kekalahan keempat beruntun dari City. ''Andai kami mampu mengulangi Sabtu malam itu, maka kami bisa mengatasi mereka (City),'' koar pelatih berdarah Prancis itu.

Ya, inilah tantangan yang sudah menunggu The Citizens. Permainan defensif yang hanya bertumpu dengan counter attack bisa kembali diperagakan Leicester seperti di London. Strategi itu yang juga menjadi penyebab merananya Fernandinho dkk di Etihad Stadium, Manchester, di saat dipecundangi Crystal Palace 2-3.

Kebetulan, Leicester tak jauh berbeda dengan The Eagles -julukan Palace. Leicester juga bisa menumpuk lima pemain di tengah. Strategi itulah yang sukses membuat skuad besutan Pep kesulitan membongkar pertahanan Palace. ''Namun, dengan skuad terbaik kami akan coba untuk mengembalikan tren kemenangan itu,'' koar bek kiri City Fabian Delph, dikutip BBC Sport.

Pep tak perlu kembali bereksperimen dengan mendorong John Stones sebagai gelandang bertahan. Stones bisa kembali ke posisi aslinya, bek tengah. Pep juga bisa kembali memberikan posisi tersebut kepada Fernandinho. Selain itu, Kevin De Bruyne pun berpotensi untuk kembali ke starting eleven. Kalau itu terjadi, maka ini yang pertama kali De Bruyne main sebagai starter di Premier League musim ini. Di King Power, KDB juga membuka tren golnya musim ini.

Juara bertahan Premier League itu pun menghindari back to back kalah melawan klub di luar enam besar. Itu belum pernah terjadi selama City dibeli Sheikh Mansour di sembilan tahun  terakhir. ''Penting bagi kami segera melupakan apa yang sudah terjadi sebelumnya, dan kembali memikirkan apa yang bisa kami lakukan selanjutnya,'' beber bek berusia 29 tahun itu.

Di sisi rata-rata penguasaan bola, Leicester tak begitu rendah dibandingkan Palace. Rata-rata penguasaan bolanya masih 50,2 persen. Palace 47,4 persen. Selain Palace, Wolverhampton Wanderers klub dengan penguasaan bola di bawah 50 persen lainnya yang dapat meredam City. Rata-rata penguasaan bola Wolves hanya 46 persen.

Kepada Sky Sports, Pep mengklaim City akan berbeda malam nanti. ''Dalam detail-detail  tertentu kami lebih baik. Dari proses kami, build-up kami, pressing tinggi kami, dan kami dapat melakukan pergerakan pemain yang berbeda. Kami akan memiliki banyak alternatif menyerang dan lebih solid ketika harus bertahan lebih dalam,'' ungkap Pep.

Pelatih Spanyol pertama yang memenangi Premier League itu pun mengingatkan kepada anak asuhnya tentang konsistensi. Terlebih dengan selisih empat poinnya dari klub yang masih memuncaki klasemen, Liverpool. ''Kami telah kehilangan poin, semua sudah terjadi. Sekarang, yang terpenting bagaimana kami mencari cara supaya kembali stabil,'' tambah mantan nahkoda Barcelona dan Bayern Muenchen itu. (ren/jp)

Baca Juga


Berita Terkait

Bola Dunia / Manchester City Kembali Kuasai Liga Inggris

Bola Dunia / Minta Pemain Tampil Dingin

Bola Dunia / Vital untuk Tetangga Sebelah


Baca Juga !.