Liga Inggris

Tak Ada Lagi Libur Natal

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Tak Ada Lagi Libur Natal - Liga Inggris

Maurizio Sarri. Foto : TWITTER @CHELSEAFC

INDOPOS.CO.ID – Boxing day. Ya, laga sehari setelah perayaan Natal itulah yang menjadi pembeda antara Premier League dengan kompetisi elite Eropa lainnya. Di musim ini, Serie A mengikuti jejak Premer League dengan menggelar laga setelah Natal. Makanya, main di boxing day akan jadi pengalaman baru untuk tiga pelatih anyar di Premier League, Maurizio Sarri, Unai Emery, dan Ralph Hasenhutl.

Sebab, baru kali ini ketiganya membesut klub dari daratan Inggris. ''Tidak ada lagi libur Natal itu,'' sebut Sarri kepada ESPN. Sarri jadi tactician Chelsea mengganti sesama allenatore Italiano, Antonio Conte. Yang membedakan, Conte menjalanu Natal pertamanya di London itu dengan istri dan anaknya.

Sementara, Sarri hanya sendirian di London Cobham -kamp latihan Chelsea. Tapi, Sarri menyebut menjalani pekerjaan ketika semua orang sedang berkumpul bersama keluarganya itu bukan lagi hal yang asing. Marina Sarri -istrinya- dan Amerigo Sarri -putranya- pernah melalui Natal tanpa Sarri.

"Beruntung saya pernah mengalaminya (bekerja saat Natal), ketika masih melatih tim di Serie B,'' ungkap pelatih 59 tahun itu. Sebelum hijrah ke San Paolo -kandang Napoli, Sarri pun pernah dua musim merasakan atmosfer Serie B bersama Empoli. Yaitu, antara musim 2012 dan 2014.

"Kami bertanding dalam suasana Natal. Saya menyukainya. Di stadion, suasananya juga begitu indah. Di Italia, saya masih bisa merasakannya dengan mudah,'' tambah pelatih berjuluk Mister 33 itu. Karena itu dia masih mudah mengatur jadwal latihan bagi Cesar Azpilicueta dkk. ''Kami bermain tiap tiga hari. Dari 19 (Desember), 22, 26, 30, 2 (Januari), 5, dan 8. Jam latihan akan menyesuaikan dengan jam laga,'' tutur Pelatih Terbaik Serie A 2016-2017 itu.

Pengalaman yang didapat Sarri itu yang belum pernah dialami Emery dan Hasenhutl. Di dalam karirnya kedua pelatih itu lebih sering punya waktu untuk liburan Natal dan Tahun Baru. Hasenhutl bahkan sudah terbiasa dengan liburan panjang. Bundesliga selama ini sudah dikenal sebagai kompetisi dengan jeda musim dingin terlama.

Sementara, Emery juga mengalaminya ketika di Ligue 1 ataupun di La Liga. Dilansir di Daily Mail, Emery mengaku sedang beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam karirnya ini. ''Di saat hari libur tiba, semuanya terasa sempurna bagi kami. Tetapi, saya sekarang masih mencoba menikmati pekerjaan ini,'' kenangnya.

Makanya, Emery tak mau jika “pengorbanan” saat Natal ini berakhir tak sempurna. ''Saya hanya akan menikmatinya, jika kami menang,'' tambah pelatih berkebangsaan Spanyol itu. (ren/jpk)

Berita Terkait

Banten Raya / Jelang Natal Penjagaan Bandara Diperketat

Jakarta Raya / Urai Kepadatan, Tol Cikampek Kembali Berlakukan Contraflow


Baca Juga !.